Kompas TV regional jawa barat

Kereta Kencana Ki Jaga Rasa Milik Siapa?

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 14:23 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

 

SUBANG, KOMPAS.TV - Inilah kereta kencana yang biasa membawa bendera pusaka dan teks proklamasi, pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara Jakarta. Kereta kencana bernama Ki Jaga Rasa ini, rencananya akan kembali menjadi pembawa dua benda bersejarah simbol negara Indonesia, yakni bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi, pada upacara HUT Kemerdekaan RI agustus mendatang.

Kereta kencana yang dibuat pada tahun 2008 lalu ini, akan dibawa ke istana untuk ke empat kalinya. Pada upacara HUT Kemerdekaan Indonesia beberapa tahun sebelumnya, biasanya kereta kencana Ki Jaga Rasa membawa bendera pusaka dan teks proklamasi, dari monumen nasional atau monas ke istana negara.

Menurut pemilik kereta kencana Dedi Mulyadi, kereta kencana Ki Jaga Rasa menjadi simbol pemimpin yang menjaga, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan penuh rasa.

Saat ini, kereta kencana Ki Jaga Rasa masih berada di tempat khusus, yakni Bale Pemanah Rasa di komplek rumah Dedi Mulyadi di Desa Sukasari Kecamatan Dawuan Subang. Kereta kencana akan dibawa pihak istana pada 10 agustus mendatang. Sebelumnya akan dilakukan upacara adat pelepasan kereta kencana.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x