Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Inovatif, Siswa Madrasah Ciptakan Alat Pendeteksi Kelelahan

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Muyasaras Laila Wibowo, siswi kelas 12 IPA-2 Madrasah Aliyah Negeri Solo, Jawa Tengah, ini sedang berinovasi. Ia terlihat serius saat memeriksa alat yang diberi nama “Mosafyr” atau “Monitoring Driver Fatigue For Motorist Safety”. Alat ini mendeteksi kondisi pengendara kendaraan bermotor, melalui monitor denyut jantung. Sebab dari denyut jantung, bisa diketahui kondisi kesehatan pengendara tersebut.

Denyut jantung mampu memberi informasi, terkait kondisi tubuh seseorang. Jika tidak normal, dipastikan ada gangguan kerja tubuh yang harus segera diatasi. Pengendara motor dengan kondisi tidak fit, tentu akan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Alat ini akan segera memberikan informasi, kepada pemakainya untuk segera beristirahat apabila diperlukan.

“Ide awalnya kenapa saya berinovasi menciptakan alat ini, karena saya melihat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kelelahan berkendara. Tujuan saya menciptakan alat ini sebagai wujud  mengoptimalkan keselamatan dalam berlalu lintas,” jelas Muyasaras.

Alat ini awalnya diciptakan untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Kota Solo. Seiring perkembangannya, alat dibuat lebih ringkas dan mudah dikenakan. Namun, ke depan akan dibuat semacam sarung tangan, serta kedap air agar lebih mudah dikenakan.

“Di provinsi itu kita dapat masukan untuk membuat alat yang lebih simple, sehingga dari alat yang lebih besar kita buatkan alat yang lebih kecil. Pada saat kompetisi di provinsi, alhamdulillah kita mendapat juara tiga. Seperti yang disampaikan Muyasaras, nanti kita akan kembangkan dalam bentuk sarung tangan,” ucap Prihantoro Eko Sulistyo, guru pembimbing.

Alat ini berguna, terutama dalam kondisi perjalanan jauh. Karena selama ini kita merasa baik-baik saja, namun ternyata kondisi tubuh jauh dari baik. Dengan adanya detektor kelelahan ini, diharapkan mampu meminimalisasi kecelakaan lalu lintas karena kelalaian pengendara. Dengan budget murah, alat ini bisa menyelamatkan banyak nyawa.

 

 #solo #inovatif #mansolo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x