Kompas TV regional berita daerah

NILUH| Siapa Yang Ingin Kudeta Airlangga?

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 10:59 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar tengah berhadapan dengan dua isu. Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga diperiksa Kejaksaan Agung terkait dugaan korupsi ekspor minyak goreng. Di sisi lain, kepemimpinan Airlangga di partai beringin tengah goyah. Dinilai tak mampu menggenjot elektabilitas partai jelang Pemilu 2024, muncul wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk mengganti Ketum Partai Golkar.

Sejumlah nama disebut sebagai kandidat pengganti Airlangga: Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo yang juga menjabat Ketua MPR. Apa yang terjadi? Bagaimana gonjang-ganjing Partai Golkar berpengaruh pada sistem demokrasi tanah air? Jurnalis Kompas TV, Ni Luh Puspa mencari jawabnya.

Ni Luh lebih dahulu bertemu analis politik senior, Fachry Ali. Ali menyebut Golkar dalam beberapa tahun terakhir mulai kehilangan “roh” nya. Peristiwa yang terjadi belakangan, menurut Ali harus jadi renungan bagi seluruh kader yang bernaung di bawah pohon beringin ini. Lantas, apakah kedigdayaan Partai Gokar akan kembali terwujud hanya dengan menggulingkan Airlangga?

Ni Luh juga berbincang dengan Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily dan Politisi Senior Golkar, Yorrys Raweyai. Benarkah partai Golkar satu suara? Benarkah Golkar baik-baik saja? Apa yang terjadi di dalam Partai Golkar sampai muncul upaya penggulingan Airlangga?

Terakhir, Ni Luh mewawancarai Inisiator Gerakan Muda Partai Golkar, Sirajjudin Abdul Wahab untuk mengetahui apa yang terjadi kala diskusi “Selamatkan Golkar” berakhir ricuh, hingga sebabkan kekerasan terhadap jurnalis? Siapa di baliknya?

Saksikan NI LUH, setiap Senin, pukul 20:30 WIB, hanya di Kompas TV, Independen Terpercaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x