Kompas TV regional jawa barat

Kisah Ajat Korban Tambang Banyumas: Baru 3 Pekan Bekerja Usai Alih Profesi dari Penjual Mi Ayam

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 10:36 WIB
kisah-ajat-korban-tambang-banyumas-baru-3-pekan-bekerja-usai-alih-profesi-dari-penjual-mi-ayam
Kerabat yang menunjukkan foto Ajat sebelum menjadi korban hilang tambang Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (1/8/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Ajat Sudrajat (29), salah satu penambang yang dinyatakan hilang usai terjebak di lubang galian tambang emas ilegal di Pencurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah sebelumnya bekerja sebagai penjual mi ayam.

Ajat merupakan warga Bogor, Jawa Barat yang baru bekerja selama tiga pekan di lubang tambang Banyumas yang menelan korban jiwa itu.

Setelah sepekan tak mengetahui kabar Ajat yang terjebak di lubang galian tambang bersama delapan orang lainnya, keluarga pun menggelar doa bersama atau tahlilan di rumah yang berada di Kampung Gunung Leutik, Desa Kiarasari, Sukajaya, Bogor.

Ayah Ajat, Ahad (54) menceritakan bahwa putranya yang hilang sejak 25 Juli 2023 di tambang Banyumas itu sebelumnya merupakan penjual mi ayam keliling.

"Sebelumnya jualan mie ayam, pakai gerobak dorong," kata Ahad, Selasa (1/8/2023).

Ahad mengatakan, meski sudah bertahun-tahun menjadi pedagang mi ayam, anaknya itu tak mengalami peningkatan pendapatan.

Kerabat Ajat bernama Enen (55) mengatakan, di kampung tempat tinggal Ajat tak ada lapangan pekerjaan lain yang lebih baik, sehingga banyak warga yang merantau ke daerah lain.

Baca Juga: Evakuasi Dihentikan, Ini Nasib 8 Penambang Emas di Banyumas: Dinyatakan Hilang dan Warga Salat Gaib

"Di sini pekerjaan susah, bertani ada batasnya kan. Di sini banyak yang merantau, ada yang ke Jakarta, Bogor, Jambi, Lampung, tersebar," ujar Enen dalam kesempatan yang sama.

Enen juga menceritakan bahwa Ajat dikenal memiliki hobi bermain sepak bola. Hal ini tampak dari sejumlah piala hasil pertandingan sepak bola yang ia juarai.

"Dia juga suka ngelatih sepak bola untuk anak-anak kecil," imbuhnya, dilansir dari TribunJateng.

Akan tetapi, kesulitan ekonomi mendorong Ajat untuk beralih profesi dari penjual mi ayam menjadi penambang emas di Banyumas.



Sumber : TribunJateng, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x