Kompas TV regional sumatra

Pimpin Sertijab 6 Kapolres, Kapolda Lampung Ibaratkan Ganti Sparepart Mobil agar Lebih Kencang

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 13:43 WIB
pimpin-sertijab-6-kapolres-kapolda-lampung-ibaratkan-ganti-sparepart-mobil-agar-lebih-kencang
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika saat memimpin serah terima jabatan enam kapolres di jajaran Polda Lampung, Selasa (1/8/2023). (Sumber: Kompas.com/Tri Purna Jaya)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

LAMPUNG, KOMPAS.TV   - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmi Santika mengibaratkan pergantian enam kapolres di jajarannya dengan upgrade suku cadang mobil.

Irjen Helmi berharap dengan adanya pergantian pimpinan di  enam kepolisian resor tersebut, mobil akan melaju semakin kencang.

"Harapannya, ibarat sparepart diganti, mobil ini larinya makin kencang," kata Irjen Helmi usai memimpin serah terima jabatan (sertijab) enam kapolres di Mapolda Lampung, Selasa (1/8/2023).

Ia kemudian menganalogikan Polda Lampung sebagai  mobil yang sedang dalam perjalanan, dan kapolres beserta jajarannya adalah mesin yang berperan penting menjaga laju kendaraan itu.

"Ini kan diganti orang-orangnya, diibaratkan onderdil baru, jadi larinya makin cepat," kata Irjen Helmi, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Siswi SMP di Lampung Ini Dikeluarkan Sekolah karena Hamil, Ternyata Diperkosa Tetangga Sendiri

Ia berharap dengan adanya pergantian kapolres tersebut  dapat mendukung ritme Polda Lampung dalam pengelolaan wilayah hukum masing-masing polres.

Mutasi jabatan

Mutasi jabatan kapolres di Lampung tersebut berdasarkan dua dua surat telegram Kapolri.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1396/ VI/ KEP./ 2023 tanggal 24 Juni 2023, ada empat kapolres yang mengalami pergantian, yakni AKBP Edwin (Polres Lampung Selatan) diganti oleh AKBP Kurniawan Ismail dari Polres Lampung Utara.

Kemudian, AKBP Edwin ditugaskan sebagai Kanit 3 Satresmob Bareskrim Polri, dan jabatan Kapolres Lampung Utara dipegang oleh AKBP Teddy Rachesna yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Way Kanan.

Jabatan Kapolres Way Kanan diisi oleh AKBP Pratomo Widodo yang sebelumnya menjabat Kapolres Pesawaran.


Posisi Pratomo sebagai  Kapolres Pesawaran digantikan oleh AKBP Maya Heny Hitijahubessy yang sebelumnya menjabat Kabagops Satbrimob Polda Banten.

Selain itu, Kapolres Mesuji yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Yuli Haryudo kini digantikan oleh AKBP Ade Hermanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Regindent Ditlantas Polda Lampung.

Sedangkan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1588/ VII/ KEP./ 2023 tgl 21 Juli 2023, dua pimpinan polres yang diganti adalah AKBP Kurniawan Ismail yang dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri.

Baca Juga: Bupati Lampung Selatan Tak Tahu Soal Ajudannya Intimidasi Jurnalis

AKBP Kurniawan Ismail yang sebelumnya menjabat Kapolres Lampung Utara digantikan oleh AKBP Yusriandi Yusrin yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Lampung.

Lalu Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya diganti oleh AKBP Andik Purnomo Sigit yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Ternate Polda Maluku Utara.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x