Kompas TV regional jabodetabek

Naik KRL Kini Bisa Pakai JakCard, Ini Harga, Cara Beli dan Cara Menggunakannya

Kompas.tv - 30 Juli 2023, 12:24 WIB
naik-krl-kini-bisa-pakai-jakcard-ini-harga-cara-beli-dan-cara-menggunakannya
Masyarakat kini bisa menggunakan JakCard untuk naik KRL, MRT, dan LRT  (Sumber: beritajakarta.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengguna moda angkutan massal ini kini bisa menggunakan JakCard untuk tnaik Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line.

Hal ini merupakan salah satu dari kerja sama yang dijalin PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk pelayanan pengguna KRL.

Diketahui, JakCard adalah kartu pintar prabayar (prepaid smart card) yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. 

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan ini jadi momentum dalam perluasan akseptasi JakCard bagi masyarakat.

"Hal ini sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum di DKI Jakarta," kata Amirul dalam keterangannya, Jumat (28/7/2023).

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal berharap kolaborasi ini bisa mendorong masyarakat lebih luas memanfaatkan transportasi umum, khususnya Commuter Line Jabodetabek.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini Minggu 30 Juli 2023, Cek Harga Tiket dan Cara Membayarnya

Implementasi JakCard juga diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pilihan dalam transaksi pembayaran tiket bagi para pengguna KRL.

Harga JakCard

Kartu perdana JakCard dapat dibeli di kantor layanan Bank DKI tertentu serta merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan mempunyai logo “JakCard”.

Harga per-kartu perdana JakCard adalah Rp20.000 (syarat dan ketentuan berlaku). Apabila ingin melakukan isi ulang (top up), pengguna bisa datang langsung ke kantor layanan Bank DKI tertentu, merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI dan top-up via contactless (NFC) pada JakOne Mobile.

Batas maksimal transaksi isi ulang Jakcard yang dilakukan oleh Pemegang Kartu adalah sebesar Rp20.000.000 (sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia).

Cara Menggunakan JakCard

Penggunaan JakCard tidak berbeda dari e-money lain yakni dengan cara menempelkan kartunya pada tempat yang telah disediakan sebelum masuk ke lokasi wisata, di gerbang tol, atau saat akan naik KRL.

JakCard Bisa Digunakan untuk Apa Saja?



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x