Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Jamaah Haji Asal Tolitoli Pulang Naik Kapal Laut

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Tolitoli kembali ke kampung halaman dengan menggunakan kapal perintis. Direktorat Perhubungan Laut menyiapkan kapal perintis Sabuk Nusantara 89 untuk memobilisasi ratusan jamaah haji ini kembali dari Palu ke Tolitoli.

Untuk pertama kalinya sejak masyarakat Sulawesi Tengah menunaikan ibadah haji, para jamaah haji menggunakan moda transportasi laut untuk kembali.

Musim haji tahun 2023 ini, ratusan jamaah haji asal Kabupaten Tolitoli menggunakan kapal untuk kembali ke kampung halaman.

Sebanyak 327 jamaah haji dipulangkan menggunakan kapal perintis nusantara yang disiapkan oleh Direktorat Perhubungan Laut.

Dipilihnya moda transportasi laut milik Subsea Lintas Globalindo ini dikarenakan hanya kapal perintis Sabuk Nusantara 89 ini yang rutin melakukan pelayaran dari pelabuhan Pantoloan Palu ke pelabuhan Dede Tolitoli.

Disamping itu, penggunaan kapal laut ini dilakukan untuk memanjakan para jamaah haji yang rata-rata sudah lanjut usia agar tidak kelelahan di perjalanan.

Sebelumnya, para jamaah haji ini juga menggunakan kapal yang sama saat akan berangkat menunaikan ibadah haji dari Tolitoli ke kota transit di Palu.

Kapal perintis Sabuk Nusantara sendiri menjadi moda transportasi andalan masyarakat Sulawesi Tengah yang menghubungkan kota-kota kecil di Sulawesi Tengah.

#JemaahHaji #ModaTransportasiLaut #PelabuhanPantoloan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x