Kompas TV regional jawa barat

Kurikulum Merdeka Ciptakan Motor Listirk di Cirebon

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 19:56 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIREBON.KOMPAS.TV, - Inilah motor listrik hasil karya Siswa SMK Muhammadiyah, Lemahabang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Sepintas motor yang dikendarai Soni Setiawan, Siswa Kelas 12 Teknik Sepeda Motor ini seakan mengendarai sepeda listrik. 

Namun kenyataannya motor hasil inovasi Soni dan siswa lainnya adalah motor listrik, yang baru saja dioperasikan awal bulan ini, bahkan Soni, Deri dan siswa lainnya baru saja men-demonstrasi-kan motor listrik ini pada beberapa pameran.

Ide bermula saat para Siswa bersama Guru  bersepakat untuk membuat memodifikasi motor listrik, ide ini bagian dari implementasi materi di buku pelajaran agar tidak hanya mempelajari sekedar teori

Setelah terkumpul semua persiapan dan bahan, barulah pada Maret sekitar awal tahun 2023, para siswa dan guru mulai merakit. Mereka menggunakan kerangka sepeda motor konvensional yang menggunakan BBM dan membuat dudukan untuk mesin listrik.

Deri soni dan siswa lainya sangat bersemangat untuk membuat motor listrik sehingga pelajaran jauh lebih mudah ditangkap daripada belajar hanya menggunakan teori

Dia berharap hasil karya ini kelak memberikan manfaat dan dampak positif bagi proses pembelajaran Siswa SMK Muhamadiyah dan umumnya masyarakat luas.

Iyus Rusmana, Kepala Konsentrasi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Lemahabang, Cirebon, menyebut hasil karya motor listrik siswanya baru mencapai 80 persen. Para siswa masih harus menyempurnakannya hingga betul-betul menjadi sepeda motor yang sesuai standar motor lainnya

Dengan adanya inovasi ini pembelajaran siswa kelas 12 untuk materi motor listrik tidak hanya sekedar teori para siswa dapat mempraktekan ilmu yang ada di kurikulum secara langsung.

Iyus berharap hasil karya ini membawa kemanfaatan kepada para Siswa dan umumnya pada perkembangan teknologi dan industri sepeda motor listrik mendatang.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :    / @kompastvjawabarat  

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawa...

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x