Kompas TV regional berita daerah

Sambut 10 Muharam, Warga Buat Puluhan Ribu Kue Apangi

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Lembut dan manis, itulah cita rasa yang dirasakan saat menikmati kue apangi. Kue tradisional dari Provinsi Gorontalo.

Apangi, merupakan kue yang dipanggang dan menjadi salah satu favorit masyarakat Gorontalo.

Kue yang terbuat dari adonan tepung beras, terigu, telur, santan, susu, garam dan gula kini terus dilestarikan melalui festival kue apangi yang digelar oleh warga Kelurahan Dembe satu, Kota Gorontalo.

Kue apangi dipilih dalam kegiatan festival karena menjadi kue khas saat doa 10 Muharram di setiap masjid.

Di festival tahun 2023 salah seorang warga Dembe satu menyediakan puluhan ribu kue apangi, jumlah ini ditambah karena antusias masyarakat yang datang dalam festival ini cukup tinggi ungkap Farida Yusuf Pembuat Kue Apangi.

Meski festival apangi baru akan dimulai pada malam hari namun sejumlah pengunjung mulai berdatangan ke kelurahan Dembe satu di siang hari.

Karena selain menghindari kemacetan di malam hari khawatir tak bisa mencicipi kue khas Gorontalo Ungkap Hijrawati pengunjung festival apangi

Dalam sejarahnya, Kue apangi merupakan kue yang disajikan oleh warga saat datang ke masjid untuk berdoa setiap hari Asyura 10 Muharram. Usai berdoa, apangi disantap bersama oleh warga.

Baca Juga: 59 Knalpot Bising Hasil Sitaan Operasi Patuh Dibuat Tugu

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini di lestarikan oleh warga di Kelurahan Dembe satu, Kota Gorontalo dengan menggelar festival apangi.

Dalam festival yang ke delapan ini, warga akan menyiapkan ratusan ribu apangi, untuk dinikmati oleh siapapun, yang datang ke lokasi tersebut.

 

#festival apangi

#dembe satu

#kota gorontalo

#kue apangi

#10 muharam

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x