Kompas TV regional jabodetabek

Bima Arya Sebut Kota Bogor Akan Bebas Angkot Mulai Desember 2023: Angkotnya Minggir

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 12:48 WIB
bima-arya-sebut-kota-bogor-akan-bebas-angkot-mulai-desember-2023-angkotnya-minggir
Pemerintah Kota Bogor akan mengurangi jumlah angkot di wilayahnya secara bertahap. Sehingga pada Desember 2023, Bogor yang dijuluki sebagai Kota 1.000 Angkot akan bebas sepenuhnya dari angkutan umum itu. (Sumber: kotabogor.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Bogor akan mengurangi jumlah angkot di wilayahnya secara bertahap. Sehingga pada Desember 2023, Bogor yang dijuluki sebagai "Kota 1.000 Angkot" akan bebas sepenuhnya dari angkutan umum itu. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugianto mengatakan, cara yang dilakukan pihaknya adalah dengan mengoversi 3 angkot menjadi 1 BisKita. 

“Angkotnya nanti minggir. Desember ini enggak ada angkot lagi, itu dalam rangka menyambut LRT yang belum datang-datang sampai sekarang,” kata Bima Arya kepada wartawan, usai acara Main Event Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Saat ini, sudah ada 47 Biskita yang beroperasi di Bogor. Jumlah itu akan bertambah seiring dengan pengurangan angkot hingga akhir tahun ini. 

Sedangkan para sopir angkot akan direkrut menjadi sopir Biskita. Selain iti, mereka juga akan difasilitasi untuk bekerja informal dan sisanya sebagai teknisi di Biskita. Pasalnya, satu mobil angkot biasanya punya lebih dari satu sopir. 

Baca Juga: Update Software LRT Jabodebek Hampir Selesai, Uji Coba untuk Masyarakat Umum Segera Dimulai

“Yang bikin macet adalah kalau angkot berhenti, hanya sopir dan Tuhan yang tahu. Karena sopirnya enggak digaji makanya ngetem, nah ini bus ini sopirnya digaji, disubsidi sama kita,” ujarnya. 

“Itu cara kita menjadikan kota ini lebih cerdas, dan menjadikan kota lebih ramah. Menjadikan anak-anak muda sebagai pemilik kota yang pada suatu saat akan mengelola kota jadi pemimpin kota,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, penghapusan angkot dari Bogor ini bertujuan menghidupkan transportasi massal di Bogor. Yakni trem dan LRT. Menurutnya, nanti Bogor akan punya Stasiun LRT di dekat Baranangsiang. 

“Makanya kita buat konversi angkot jadi bus, makanya kita desain trem ini dalam rangka menyambut LRT. Kalau 45 menit dari Baranangsiang dan Dukuh Atas, berarti kita harus siap untuk bangun sarana TOD-nya,” ujarnya. 

Baca Juga: Ini Kelompok Masyarakat yang Boleh dan Tidak Boleh Konsumsi LPG 3 Kg Bersubsidi

Ia mengungkap, Presiden Jokowi sudah memberi arahan agar LRT bisa sampai Bogor. Adapun saat ini LRT baru sampai Harjamukti, Depok, yang berbatasan dengan Cibubur, Jakarta Timur. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x