Kompas TV regional sulawesi

BI Sosialisasi Ciri Uang Palsu Di Kepulauan Selayar

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SELAYAR, KOMPAS.TV - Bank indonesia wilayah Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi ciri uang palsu ke lima pulau, di kabupaten Selayar, khususnya di desa wisata agar mencegah peredaran uang palsu ke warga pulau.

Sosialisasi uang palsu dan asli dilakukan tim ekspedisi rupiah berdaulat di pulau kalaotoa, kabupaten selayar, Sulawesi Selatan. Selain di Pulau Kalaotoa, sosialisasi juga dilakukan di desa Wisata Jinato, kecamatan Takabonerate. Sosialisasi meliputi pengenalan warna, gambar dalam uang kertas, hingga keaslian uang.

Kurangnya akses dan jarak yang jauh ke kota Makassar, hingga warga masih menggunakan uang kertas rupiah emisi lama saat bertransaksi. Masyakarat pulau Kalaotoa umumnya berprofesi sebagai petani kopra dan kacang mete. Uang yang beredar umumnya berasal dari pengepul hasil pertanian. Pengenalan uang palsu diharapkan bisa mencegah peredaran uang palsu di tengah masyarakat kepulauan.

Selain sosialisasi, petugas juga menfasilitasi penukaran uang kertas rupiah emisi baru. Antusias masyarakat pun cukup tinggi dengan nilai penukaran mencapai ratusan juta rupiah.


#bankindonesia
#tukaruang
#uangpalsu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x