Kompas TV regional jawa barat

268 Warga Alami Gejala Keracunan Makanan usai Bersantap di Acara Reses Anggota DPRD Kota Cimahi

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 13:25 WIB
268-warga-alami-gejala-keracunan-makanan-usai-bersantap-di-acara-reses-anggota-dprd-kota-cimahi
Ilustrasi keracunan (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

CIMAHI, KOMPAS.TV - Sebanyak 268 warga di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, mengalami gejala keracunan makanan dan harus mendapat perawatan.

Mereka diduga mengalami gejala keracunan makanan usai menyantap hidangan nasi boks pada kegiatan reses salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daeraha (DPRD) Kota Cimahi yang dilaksanakan di RW 08, Kelurahan Padasuka, Cimahi, Sabtu (22/7/2023).

Ratusan warga berangsur mengeluhkan gejala keracunan makanan beberapa jam usai menyantap nasi boks yang disajikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi, Senin (24/7/2023), membenarkan hal itu.

"Kejadian hari Sabtu (22/7/2023) sekitar pukul 13.00 WIB, kemudian malam banyak datang ke rumah sakit sampai Ahad. Ada 268 orang," ungkapnya.

Menurutnya, ratusan warga yang mengalami gejala keracunan ini mengeluhkan hal yang hampir sama, yakni mual, muntah, pusing, dan gangguan pencernaan seperti diare.

Baca Juga: Alami Gejala Keracunan usai Hadiri Pesta, 25 Pegawai Pemkab Gowa Dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf

Saat ini, lanjut dia, jumlah warga yang mengeluhkan gejala serupa terus bertambah.

Mereka ditangani Puskesmas Padasuka, sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Dwihadi merinci ratusan warga tersebut, yakni 23 pasien dirawat di Rumah Sakit Cibabat, 41 pasien di Rumah Sakit Mitra Kasih, 66 dirawat di Rumah Kasih Dustira, 2 pasien dirawat di Rumah Sakit Kasih Bunda, dan 2 pasien dirawat di Rumah Sakit Mall.

"Kalau melihat perkembangan pasiennya nambah terus. Tadi jam 5 pagi pasien itu masuk ke Rumah Sakit Cibabat. Kami arahkan ke Rumah Sakit Dustira sampai di sana membludak. Tapi banyak yang sudah pulang juga," jelas Dwi.


Ratusan warga yang menghadiri undangan kegiatan reses anggota DPRD Kota Cimahi ini berasal dari 3 kelurahan pada Daerah Pemilihan (Dapil) terkait.

Baca Juga: 125 Santri di Bondowoso Diduga Keracunan Massal Usai Santap Daging dan Soto!

Dalam kegiatan tersebut, ratusan undangan yang hadir mendapat nasi boks dan menyantapnya di jam makan siang.

“Undangannya ada 350, namun yang hadir 335. Warga yang hadir paling banyak memang warga dari Kelurahan Padasuka. Sisanya Cimahi sama Setiamanah," tandas Dwi, dikutip Kompas.com.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x