Kompas TV regional jawa timur

Bersih Desa, Warga Balearjosari Gelar Kirab Tumpeng

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 19:33 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Bertepatan dengan datangnya tahun baru Islam, warga Kelurahan Balearjosari Kota Malang menggelar kegiatan bersih desa. Puluhan tumpeng dan gunungan diarak dan dibagikan kepada warga.

Kirab tumpeng dan budaya ini digelar warga Kelurahan Balearjosari dilakukan sebagai tradisi bersih desa, yang biasa digelar setiap tahun baru Islam atau tanggal 1 Suro menurut penanggalan Jawa. Puluhan tumpeng yang dibawa oleh setiap RT diarak keliling kampung.

Dalam kirab ini, tumpeng yang dibawa tidak hanya berupa nasi dan lauk pauk, namun juga gunungan hasil bumi dan sayuran serta makanan kecil. Setelah diarak, tumpeng lalu dibawa ke punden kelurahan setempat untuk dibagi dan dimakan bersama sama. Sedangkan gunungan sayur dan hasil bumi langsung menjadi rebutan warga.

Sayidun Mustofa, ketua panitia menyebut, sempat terhenti karena pandemi tradisi bersih desa ini kembali digelar tahun ini. Bersih desa dan kirab tumpeng ini juga sebagai bentuk kecintaan warga terhadap tradisi dan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil kenikmatan selama ini.

"Kita mengambil tema untuk tahun ini nguri uri budaya Jawa, makanya kita semua memakai kostum Jawa," Kata Sayidun, Rabu (19/07/2023). 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyebut, dengan keberagaman dan tradisi yang melekat di masyarakat, kegiatan bersih desa seperti ini bisa dimasukkan dalam agenda tujuan wisata.

"Makanya saya apresiasi sekali kegiatan ini, dan saya berharap untuk tahun ke depan bisa menjadi destinasi wisata tersendiri bagi pariwisata yang ada di Kota Malang," Terangnya. 

Diharap kegiatan bersih desa ini bisa menjadi tempat untuk melestarikan tradisi dan budaya kepada generasi muda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x