Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Masuk Sekolah, Jasa Permak Seragam Sekolah Ramai

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 16:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Kenaikan permintaan jasa jahit ini salah satunya terlihat di jasa permak dan jahit pakaian di Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kudus. Penyedia jasa permak baju sejak pagi sudah disibukkan untuk menyelesaikan pesanan permak seragam sekolah.

Memasuki tahun ajaran baru, permintaan jahit maupun permak seragam sekolah sudah meningkat sejak dua pekan lalu. Dibanding hari biasanya, peningkatan mencapai dua kali lipat. Jika di hari biasa permintaan jasa jahit hanya empat pelanggan, kini menjelang tahun ajaran baru mencapai puluhan.

Warga yang datang biasanya menjahitkan dua hingga empat stel seragam sekolah. Mereka yang datang kebanyakan meminta pasang bet serta mengecilkan ukuran pakaian seragam yang sebelumnya kebesaran.

“Dua kali lipat daripada biasanya, pasang bet sama mengecilkan ini-itu. Kecilin yang dibeli di toko karena kebesaran, nah itu kan anak-anak SD bajunya beli jadi kan besar, lalu dibawa ke sini suruh dikecilin. Ada yang dua stel, ada yang enam stel, ada yang tanpa stel, ada yang celana tok dua,” kata Supriyadi, jasa jahit dan permak pakaian.

Untuk uang jasa permak seragam sekolah terbilang cukup murah mulai harga Rp 15.000 hingga Rp 35.000 tergantung tingkat kesulitan yang dikerjakan.

#permak #seragamsekolah #werguwetan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x