Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pihak Pura Mangkunegaran Undang Jokowi hingga Prabowo Hadiri Kirab Pusaka Malam 1 Suro

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 14:08 WIB
pihak-pura-mangkunegaran-undang-jokowi-hingga-prabowo-hadiri-kirab-pusaka-malam-1-suro
Mangkunegara X mengundang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menghadiri kirab pusaka malam 1 Suro. (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengundang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menghadiri kirab pusaka malam 1 Suro.

Mangkunegara X mengatakan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, akan menggelar kirab pusaka malam 1 Suro pada Selasa (18/7/2023) malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Selain mengundang Jokowi dan Prabowo, pihak Mangkunegaran juga mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Undangan sudah kita kirimkan. Terutama kepada yang selama ini sering berkunjung ke Mangkunegaran," kata Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran, Jumat (14/7/2023).

"Tentu (kita undang). Tapi ya beliau (Presiden Jokowi) tentu dengan jadwal yang padat. Tapi kami ya senanglah jika banyak yang bisa hadir bisa melihat indahnya kebudayaan Jawa ini di Mangkungaran, Keraton," sambung dia.

Ia berharap para tamu yang diundang bisa hadir memeriahkan kirab malam 1 Suro, termasuk Ganjar dan Gibran yang tahun lalu hadir mengikuti kirab.

Baca Juga: Begini Aksi Polisi Gendong Warga Disabilitas yang Akan Salat Id di Pura Mangkunegaran Solo

"Pak Gubernur tahun lalu kan juga hadir. Tentu tahun ini kami juga senang sekali beliau bisa hadir lagi.”

“Mas Wali kami harap bisa hadir. Semakin ramai akan semakin baik," ungkap dia.

Rencananya kirab malam 1 Suro Pura Mangkunegaran dimulai dengan kirab pusaka, dengan rute dari gerbang utama Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Potret Kemesraan Kaesang dan Erina di Peresmian Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran

"Prosesinya itu nanti dimulai tentu dengan kirab pusaka. Kemudian biasa malam mengadakan semedi," kata Mangkunegara X, dikutip Kompas.com.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x