Kompas TV regional jawa timur

Olahan Biji Kopi dengan Aroma dan Rasa Buah-buahan

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 19:54 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Seorang pria di Kota Blitar Jawa Timur sukses menggeluti usaha pengolahan biji kopi aneka rasa dan aroma. Olahan biji kopi aneka rasa ini laku ke berbagai daerah dengan omzet puluhan juta rupiah.

Pijar Kumala Seta, warga jalan pinus Kota Blitar setiap hari sibuk mengolah biji kopi dengan teknik roasting atau pemanggangan. Ia dengan teliti mengolah berbagai biji kopi yang didatangkan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk menghasilkan rasa dan aroma buah-buahan, pijar menggunakan teknik roasting di suhu 200 derajat celcius. Proses pemanggang dilakukan selama 15 menit hingga aroma alami buah-buahan dari biji kopi keluar.

Pijar selektif dalam memilih biji kopi, karena biji kopi yang berkualitas baik, memiliki rasa buah alami. Selanjutnya ia tinggal mengolahnya secara benar agar rasa dan aromanya keluar.

Baca Juga: Parade Barista di Alun-Alun Jember, Promosikan Kopi Robusta Raung Argopuro

Olahan biji kopi aneka rasa laku terjual ke berbagai daerah. 400 gram biji kopi aneka rasa dijual mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah. Pijar mampu menjual 50 kilogram biji kopi aneka rasa dengan omzet 30 hingga 50 juta rupiah dalam sebulan.

 

#bijikopi #aromakopi #roasting



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x