Kompas TV regional jawa timur

Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Kembali Jembatan Kali Glidik II Kelar dalam 4 Bulan

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 19:50 WIB
menteri-pupr-targetkan-pembangunan-kembali-jembatan-kali-glidik-ii-kelar-dalam-4-bulan
Warga melihat kerusakan Jembatan Kali Glidik, yang menghubungkan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (7/7/2023). (Sumber: KOMPAS/Dahlia Irawati)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan kembali Jembatan Kali Glidik II yang rusak akibat terjangan lahar dingin Gunung Semeru, rampung dalam empat bulan.

Penjelasan itu disampaikan Basuki saat meninjau dampak kerusakan infrastruktur akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/7/2023).

Menurut dia, Jembatan Kali Glidik II di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang itu akan dibangun kembali menjadi jembatan permanen.

"Kami akan membangun kembali Jembatan Glidik II yang jalan nasional tadi yang saya gambar-gambar, kemarin saya dari sana sudah saya cek dan ini akan kita bangun jembatan permanen," katanya.

Awalnya, kata Basuki, jembatan yang hilang terseret arus banjir lahar dingin Gunung Semeru pada Jumat (7/7) tersebut akan diganti dengan jembatan bailey.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Desa Sumberwuluh Lumajang Ambruk, Ini Kata Khofifah!

Namun, berdasarkan sejumlah pertimbangan, pembangunan jembatan bailey justru akan memperlama proses pembangunan ulang jembatan.

"Kalau jembatan bailey malah lebih lama nanti jadi langsung saja jembatan permanen," tambahnya.

Nantinya, kata dia, ketinggian Jembatan Kali Glidik II yang menghubungkan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang itu akan ditambah 3,5 meter dari sebelumnya.

Hal itu, lanjut Basuki, untuk mengantisipasi apabila banjir lahar kembali terjadi dengan intensitas yang besar.

Basuki menambahkan, saat ini, rangka jembatan sudah dikirim ke Lumajang dan Malang, karena  pembangunan jembatan ini akan dilakukan dari dua sisi.

Basuki menargetkan, pembangunan jembatan ini akan selesai dalam waktu empat bulan.

"Jembatan kerangkanya sudah dikirimkan ke sini nanti dibangun dari dua arah dari Lumajang dan Malang sehingga mudah-mudahan lebih cepat, targetnya sekitar 4 bulan bisa selesai," tuturnya, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Begini Kondisi Jembatan Lumajang Pasca Diterjang Banjir Lahar Dingin Semeru

Jembatan Kali Glidik II  rusak akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru pada Jumat (7/7/2023). Jembatan yang menghubungkan Malang dan Lumajang itu putus terbawa arus.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x