Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rekor! Miniatur Lokomotif Uap 3D Terbesar

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 12:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengenang sejarah kereta uap jaman dulu, PT KAI bersama Indonesia Railway Preservation Society (IRPS) dan 3D Zaiku Indonesia membuat miniatur lokomotif terbesar dengan teknologi cetak tridimensi.

Ukuran lokomotif ini sepanjang kurang lebih enam meter dengan lebar 80 cm. Miniatur ini dibuat dengan teknologi pronter 3D yang sudah dipersiapkan cukup lama. Diawali dengan menggambar 3D modeling tanpa blueprint selama empat bulan hanya dengan melihat foto dan video.

3D modeling tersebut menghasilkan 1.996 komponen yang selanjutnya dirakit sehingga menghasilkan lokomotif uap yang utuh. Untuk membuat miniatur ini menghabiskan dana capai Rp 200 jutaan.

"Awalnya idenya dari temen-temen IRPS ya, karena setiap ulang tahun mereka pasti punya ide-ide terkait perkereta apian," kata Raden Agus Dwinanto Budiadji, EVP of Corporate Secretary.

"Lokomotif ini kita buat miniaturnya karena secara fisik sudah tidak ada di Indonesia. Kita sebagai komunitas pecinta kereta api supaya kita bisa mengenang," ujar Ricki Dirjo, Ketua Umum IRPS.

Pengoperasian printer tridimensi dilakukan selama 14 hari di Stasiun Tawang. Printer 3D dioperasikan selama 24 jam non stop berjumlah 35 unit.

Pembuatan miniatur lokomotif uap dengan berat 400 kg  ini akhirnya mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

#keretaapi #semarang #stasiuntawang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x