Kompas TV regional sulawesi

Komitmen Bersih dari Narkoba, Rutan Makassar Gelar Peringatan HANI

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 22:25 WIB
komitmen-bersih-dari-narkoba-rutan-makassar-gelar-peringatan-hani
Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin juga membacakan ikrar Anti Narkoba sebagai komitmen bersama seluruh jajaran Rutan Makassar untuk Bersih dari Narkoba (Sumber: Humas Rutan Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Rutan Kelas I Makassar menggelar Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Penutupan program Rehabilitasi. Rabu, (5/7).

Berlangsung di Lapangan olahraga, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin mengungkapkan bahwa kegiatan ini digelar sebagai bentuk komitmen untuk Bersinar (Bersih dari Narkoba) serta bentuk apresiasi kepada warga binaan yang telah melaksanakan program rehabilitasi di Rutan Makassar.

"Selama kurang lebih 6 bulan Warga Binaan Rutan Kelas I Makassar menjalani kegiatan rehabilitasi pemasyarakatan yang melibatkan 70 orang. Dibimbing dan diedukasi melalui konseling individu, terapi pendekatan kelompok dan seminar," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin juga membacakan ikrar Anti Narkoba sebagai komitmen bersama seluruh jajaran Rutan Makassar untuk Bersih dari Narkoba.

Kepala BNNP Sulawesi Selatan, Brigjen Pol. Drs. Giri Prawijaya, M.Th., dalam sambutannya Peringatan HANI adalah hari keprihatinan internasional, dirayakan bukan untuk dilakukan tapi membuat momentum memulai beritikad baik untuk Bersinar.

“Tidak ada yang bisa menyembuhkan, tidak ada yang bisa membantu saudara-saudara, sia-sialah saudara mengikuti rehabilitasi kalau saudara2 sendiri yang tidak ingin sembuh. Karena yang bisa menyembuhkan adalah diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa,” pesannya kepada warga binaan peserta rehab.

Istimewa, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto turut hadir dan memberikan sambutan. Danny menyampaikan bahwa saat ini upaya Pemkot Makassar terhadap pencegahan narkoba dilakukan melalui tiga pendekatan.

"Pertama, pendekatan keluarga, kedua lingkungan dan ketiga pendidikan," ujarnya yang akrab disapa Danny Pomanto.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak mengatakan bahwa program rehabilitasi medis ini dapat berjalan tentu karena kerjasama yang baik antar Rutan Kelas I Makassar dan pihak terkait seperti BNNP Sulsel yang telah menyediakan Assesor dan IKAI Kota Makassar yang menyediakan konselornya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x