Kompas TV regional papua maluku

Tarian Isosolo Pembuka Festival Danau Sentani di Jayapura

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 16:26 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Festival Danau Sentani ke XIII kembali digelar dan di buka oleh menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Agenda tahunan ini merupakan inisiasi pemerintah Kabupaten Jayapura dengan melibatkan masyarakat yang menampilkan budaya suku Sentani.

Tari isosolo yang dibawakan sekitar 250 penari dari 10 kampung di Distrik Sentani Timur dan Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Mengawali festival wisata Danau Sentani kali ini.

Tari isosolo dilakukan di atas perahu yang sudah dihias. Tarian ini biasanya dilaksanakan atas perintah atau petunjuk ondoafi atau pemimpin adat asli Sentani. Tarian ini juga sebagai bentuk rasa syukur ketika musim panen tiba, membawa hasil kebun untuk diberikan kepada keluarga, kerabat yang ada di kampung.

Sandiaga Uno, mengatakan, festival danau sentani selain menjadi momentum pesta rakyat juga memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadi sarana untuk melestarikan seni budaya lokal sehingga keberlanjutannya tetap terjaga.

Festival danau sentani juga melibatkan puluhan pelaku UMKM, dengan menampilkan kuliner sagu sebagai salah satu produk olahan unggulan di Kabupaten Jayapura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x