Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Geger Kasus Antraks di Gunungkidul: Sapi Mati Sudah Dikubur, tapi Digali untuk Dimakan

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 19:40 WIB
geger-kasus-antraks-di-gunungkidul-sapi-mati-sudah-dikubur-tapi-digali-untuk-dimakan
Bangkai sapi yang ditemukan mengambang di laut dan terdampar di pesisir Kalimantan Timur. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul Wibawanti Wulandari menyebut pihaknya sudah menguburkan sapi yang mati terpapar antarks. Namun, ia menyebut warga menggali kuburan sapi itu untuk mengonsumsi dagingnya. (Sumber: Kompas.com/Ahmad Riyadi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WONOSARI, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul Wibawanti Wulandari menyebut pihaknya sudah menguburkan sapi yang mati terpapar anthrax atau antraks. Namun, ia menyebut warga menggali kuburan sapi itu untuk mengonsumsi dagingnya.

Kabupaten Gunungkidul sendiri tengah digegerkan penyebaran antraks yang menjangkiti setidaknya 87 warga Padukuhan Jati, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu. Seorang warga pun terkonfirmasi meninggal dunia akibat antraks.

Wibawanti mengaku pihaknya telah melakukan penguburan sesuai standar, termasuk menyiramkan formalin ke sapi yang mati terpapar antraks. Ia menyebut pihaknya telah menguburkan satu dari tiga sapi antraks, sedangkan dua yang lain belum dikubur.

"Yang dikonsumsi ada tiga sapi. Sudah sakit mati, kemudian suruh kubur secara SOP. Sudah kita kuburkan, ada yang sama masyarakat digali," kata Wibawanti dikutip Kompas.com, Rabu (5/7).

"Iya, digali kembali satu (sapi). Kalau yang lainnya belum dikubur, sudah mati, tetap dikonsumsi," lanjutnya.

Baca Juga: 1 Orang Meninggal dan Jangkiti Puluhan Lainnya, Begini Penularan Antraks dari Ternak ke Manusia

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPKH Gunungkidul Retno Widyastuti menyatakan, berdasarkan penelusuran, terdapat enam sapi dan enam kambing di Padukuhan Jati, Semanu yang terkonfirmasi antraks sejak November 2022 lalu.

"Semuanya tidak ada wujudnya. Semuanya dikonsumsi. Kami memeriksa tanah lokasi penyembelihan dan ada spora antraksnya," kata Retno.


Dinas terkait menelusuri penyebaran antraks usai seorang warga Padukuhan Jati meninggal dunia di RS Sardjito, Yogyakarta dalam kondisi positif antraks. Warga diduga terjangkit antraks setelah mengonsumsi daging ternak yang sakit.

Penyebaran antraks yang menggegerkan Gunungkidul pun telah menyita perhatian Kementerian Kesehatan RI. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut, berdasarkan data Kemenkes, terdapat tiga orang yang meninggal karena antraks di Kapanewon Semanu, Gunungkidul.

"Ada tiga yang dilaporkan, tapi masih akan dikonfirmasi ulang karena satu suspek dan dua dengan gejala antraks," kata Siti.

Kemenkes disebut akan melakukan penyelidikan epidemiologis terkait antraks di Gunungkidul. Pihaknya hendak mengusut dari mana virus antraks bisa menginfeksi ternak warga.

"Biasanya virus bisa menular ke sapi saat sapi itu makan rumput pada daerah yang tanahnya ada virus antraks. Karena virus antraks sangat kuat di dalam tanah, tidak gampang mati," kata Siti.

Baca Juga: Santap Hewan Mati Karena Sakit, 80 Warga Terjangkit Positif Antraks di Gunungkidul

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x