Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai dan Sayuran Naik di Pasar Peterongan Semarang

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 16:31 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seperti di Pasar Peterongan Kota Semarang ini, salah satu pedagang sayuran bernama Indah mengatakan bahwa harga cabai keriting merah kini mencapai lima puluh ribu rupiah per kilogram, dari sebelumnya empat puluh ribu rupiah per kilogram. Sedangkan cabai rawit setan kini empat puluh ribu rupiah per kilogram.

 

Diungkapkan oleh Indah, kenaikan harga cabai ini sudah terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha kemarin. Menurutnya, kenaikan harga cabai ini karena banyak jasa pengiriman sayur yang juga ikut libur pada Idul Adha kemarin, sehingga terjadi keterlambatan pengiriman.

 

Tak hanya cabai, harga wortel dan buncis mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Wortel semula tiga belas ribu kini menjadi delapan belas ribu rupiah per kilogram, dan buncis dari lima belas ribu kini menjadi dua puluh empat ribu rupiah per kilogram. Menurutnya, kenaikan harga sayur ini terjadi karena musim kemarau yang kini masih terjadi.

 

Pedagang sayur lainnya bernama Istirohah membenarkan bahwa harga cabai masih tinggi. Dia menjual cabai rawit setan dan keriting merah empat puluh ribu rupiah per kilogram, sedangkan yang tertinggi justru cabai rawit hijau yang mencapai lima puluh ribu rupiah per kilogram.

 

Sedangkan wortel naik menjadi lima belas ribu rupiah per kilogram dan buncis dijualnya lima belas ribu rupiah per kilogram. Menurutnya, kenaikan ini sudah terjadi sebelum Idul Adha kemarin dan dia memperkirakan kenaikan harga sejumlah sayuran ini karena musim kemarau, sehingga panen para petani tidak maksimal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x