Kompas TV regional papua maluku

Lewati Batas Ultimatum KKB, Pangdam Cenderawasih Klaim Kondisi Pilot Susi Air Sehat

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 01:23 WIB
lewati-batas-ultimatum-kkb-pangdam-cenderawasih-klaim-kondisi-pilot-susi-air-sehat
Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan mengungkapkan kondisi terkini pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang hingga kini disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua.

Menurut Mayjen Izak Pangemanan, pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut saat ini dalam kondisi sehat.

"Memang dari laporan yang kami diterima terungkap bahwa pilot berkebangsaan Selandia Baru yang ditawan KKB dalam kondisi sehat," kata Pangdam Cendrawasih di Jayapura, Papua, Senin (3/7/2023).

Baca Juga: KKB Egianus Kogoya Ultimatum Bakal Bunuh Pilot Susi Air pada 1 Juli, Ini Respons Kapolda Papua

Mayjen Izak menuturkan bahwa personel TNI dan Polri masih terus mengedepankan upaya negosiasi untuk membebaskan Philip Mark Mehrtens dari tawanan KKB.

Hal senada juga disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri yang saat ini telah meminta bantuan keluarga Egianus Kogoya selaku pimpinan KKB untuk membantu membebaskan pilot Susi Air.

Selain itu, Kapolda Papua juga meminta bantuan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat agar sandera segera dibebaskan oleh kelompok bersenjata tersebut.

"Berbagai upaya dilakukan untuk membebaskan sandera dalam keadaan selamat dari tangan KKB. Kami berharap, dengan dilibatkannya berbagai pihak maka dapat membantu proses pembebasan pilot itu," kata Fakhiri.

Mengenai sejumlah tuntutan dari KKB, Irjen Mathius Fakhiri menegaskan bahwa untuk permintaan dana akan diserahkan ke Pemkab Nduga, sedangkan permintaan lainnya tidak akan dipenuhi.

"Kami tidak akan menyetujui permintaan KKB terkait senjata dan merdeka," ujar Fakhiri.

Baca Juga: Kapolda Papua Yakin KKB Tak akan Tembak Pilot Susi Air Philip Mark Marthens




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x