Kompas TV regional jabodetabek

Lagi, Pria Obesitas Dievakuasi Damkar, Bobotnya 200 Kilogram

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 23:00 WIB
lagi-pria-obesitas-dievakuasi-damkar-bobotnya-200-kilogram
Foto ilustrasi obesitas. Seorang pria obesitas dengan berat mencapai 200 kg dievakuasi petugas damkar dari lantai 2 ruko usaha konveksi di Jakarta Pusat pada Kamis (29/6/2023) siang. (Sumber: Unsplash/Towfiqu barbhuiya)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang pria obesitas dengan berat mencapai 200 kg dievakuasi petugas pemadam kebakaran (damkar) dari lantai 2 ruko usaha konveksi di Jalan Sukarjo Wiryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (29/6/2023) siang.

Evakuasi yang dilakukan petugas damkar mengalami beberapa kendala karena sulitnya membawa laki-laki yang obesitas itu keluar ruko.

Pasalnya, laki-laki yang diketahui bernama Sumarlan itu tak bisa lagi berjalan lantaran berat badannya yang melebihi batas wajar.

Danru Rescue Damkar Jakpus Eko Apriyanto mengaku bahwa timnya terpaksa memotong sebagian pintu kamar tempat pria itu terbaring.

"Evakuasinya cukup sulit karena memang akses dari lantai dua itu agak sulit, maka dari itu kami agak potong sedikit untuk pintu kamar," kata Eko, Kamis (29/6/2023), sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV, Bongga Wangga.

Baca Juga: Bayi Obesitas Berbobot 15 Kilogram di Bekasi Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Tak hanya pintu, petugas damkar juga harus memotong sedikit bagian tangga besi agar dapat membawa Sumarlan menggunakan tandu.

"Setelah itu baru kami berhasil keluarkan dengan cara menggunakan tandu basket, kurang lebih sekitar 40 menit," imbuhnya.

Sementara itu, Katimin, rekan kerja Sumarlan, mengungkapkan bahwa temannya sudah bekerja selama 20 tahun di tempat konveksi tersebut.

Akan tetapi, belakangan ini kondisi kesehatan laki-laki obesitas itu menurun, sehingga ia meminta agar dapat dipulangkan ke Purwodadi, Jawa Tengah.

Sejak tiga tahun terakhir, kata dia, Sumarlan hanya bisa berbaring di dalam kamar.

Usai dievakuasi, laki-laki paruh baya itu langsung dibawa keluarga yang sudah menjemputnya dengan mobil pribadi untuk diantar ke kampung halamannya.

Baca Juga: Tetangga Kenang Fajri Pria Obesitas Sosok Gampang Bergaul, Berubah Usai Putus Cinta dan Kecelakaan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x