Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sapi Kurban Sumbangan Jokowi Mengamuk di Blora, Dinas Peternakan Pastikan Kondisinya Sehat

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 14:26 WIB
sapi-kurban-sumbangan-jokowi-mengamuk-di-blora-dinas-peternakan-pastikan-kondisinya-sehat
Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi sempat mengamuk di depan Masjid Roudhotul Jannah, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (29/6/2023). (Sumber: KOMPAS.COM/ARIA RUSTYA YULI PRADANA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BLORA, KOMPAS.TV - Sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang berjenis Simmental dan berbobot lebih dari 1 ton, mengamuk sebelum disembelih di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (29/6/2023).

Peristiwa tersebut terjadi di depan Masjid Roudhotul Jannah di Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sekitar pukul 09.21 WIB.

Melihat sapi tersebut mengamuk, warga kemudian meminta anak-anak yang ada di sekitar lokasi untuk menyingkir.

"Nuwun sewu, anak-anak, adik-adik do minggir riyen (mohon maaf, anak-anak, adik-adik, ayo minggir dulu), awas awas minggir minggir," ucap warga di sekitar lokasi, dikutip Kompas.com.

Mengamuknya sapi tersebut sempat membuat warga sekitar berlarian ketakutan. Sebab, tali pengikat sapi sempat putus.

Setelah menunggu beberapa menit, warga berhasil mengendalikan sapi tersebut, kemudian menyembelihnya. 

Baca Juga: Silaturahmi Bupati Blora Ke Kantor KompasTV Jateng

Sebelum mengamuk, sapi kurban Presiden Jokowi tersebut menjadi tontonan masyarakat sekitar.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Jawa Tengah Sumarno yang hadir di lokasi penyembelihan menyebut pengiriman sapi tersebut ke kampung halaman pesepakbola Pratama Arhan itu melalui proses verifikasi.

"Untuk mendapatkan bantuan ini memang ada proses ya. Kemarin ada verifikasi,” tuturnya.

“Ada beberapa yang diusulkan tapi diverifikasi kesesuaian mana yang lebih membutuhkan dan diputuskan untuk di Desa Sidomulyo ini, mendapatkan bantuan sapi dari Pak Presiden," sambung Sumarno.

Sementara Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang telah mengirimkan seekor sapi untuk dikurbankan di Desa Sidomulyo.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden atas sapi kurbannya yang mantap, semoga bermanfaat untuk masyarakat Sidomulyo Banjarejo," kata  dia.

Sapi tersebut dikirim dari Ungaran, Kabupaten Semarang ke Desa Sidomulyo pada Rabu (28/6/2023) pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Sapi Kurban dari Jokowi di Desanya Pratama Arhan Ngamuk saat akan Disembelih, Warga Sempat Ketakutan

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora Tejo Yuwono mengatakan, sapi kurban Presiden Jokowi tersebut dalam kondisi sehat.

"Tadi sudah dicek oleh dokter alhamdulillah sehat, mulai dari tampak luar, termasuk lubang-lubang alami, mulut gigi sudah powel semua. Artinya, umurnya sudah 2,5 tahun lebih atau tiga tahun ke atas," ucap Tejo, di Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, pada Rabu, dikutip Tribunnews.com.


 



Sumber : Kompas.com/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x