Kompas TV regional papua maluku

Evakuasi Korban Kecelakaan Pesawat SAM Air di Papua: Tim Sudah Diturunkan 200 Meter dari Lokasi

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 17:34 WIB
evakuasi-korban-kecelakaan-pesawat-sam-air-di-papua-tim-sudah-diturunkan-200-meter-dari-lokasi
Kondisi pesawat Sam Air PK-SMW yang sebelumnya hilang kontak, ditemukan dalam keadaan hancur di sebuah bukit di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023). (Sumber: Dok Basarnas Jayapura/Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

YALIMO, KOMPAS.TV - Komandan Lanud Silas Papare Marsma M. Dadan Gunawan membagikan update proses evakuasi korban kecelakaan pesawat SAM Air yang jatuh di Yalimo, Papua Pegunungan pada Jumat (23/6/2023) lalu.

Dadan mengatakan per Minggu (25/6/2023), pihaknya sudah menurunkan enam personel tim evakuasi pada pukul 09.20 WIT.

Enam personel tersebut terdiri dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Udara dan tim SAR Papua.

Dia menjelaskan, proses evakuasi dilakukan dengan teknik rapling atau turun dengan menggunakan tali.

Hal itu dilakukan karena medan yang curam sehingga helikopter tidak dapat mendarat. Tim pun diturunkan beberapa ratus meter dari lokasi bangkai pesawat SAM Air berada.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Tiba di Lokasi Bangkai Pesawat SAM Air, Korban akan Dievakuasi ke Wamena

Saat ini, kata Dadan, tim berada sekitar 200 meter dari titik jatuh pesawat. Namun, tim terkendala cuaca yang buruk, di mana kabut tebal membuat jarak pandang terbatas.

“Karena kesulitan medan yang ada, tim belum sampai ke titik jatuhnya pesawat. Jadi tim ini masih sekitar 200 meter menuju ke titik jatuh pesawat,” kata Dadan dalam Kompas Petang Kompas TV, Minggu (25/6/2023).

“Namun, tadi sore ada kendala cuaca, jarak pandang hanya 10 meter sehingga tim tidak bisa bergerak melanjutkan pencarian ke titik,” sambungnya.

Dadan menerangkan, tim evakuasi membawa perbekalan logistik yang cukup untuk tiga hari ke depan. Mereka juga dibekali alat komunikasi, termasuk handphone satelit untuk melakukan koordinasi.

Selanjutnya, pihaknya akan kembali ke lokasi bangkai pesawat SAM Air dengan membawa logistik, alat, dan personel tambahan, Senin (26/6/2023) besok.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x