Kompas TV regional jawa timur

Cagar Budaya Beralih Fungsi Jadi Restoran Cepat Saji, Pegiat Seni Kota Kediri Demo

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sejumlah pelaku seni ini, berunjuk rasa di depan gedung Cagar Budaya, di kawasan Jalan Brawijaya Kota Kediri. Dengan membawa poster berisi tuntutan, mereka mengecam peralihan fungsi Bangunan Cagar Budaya.

Salah satu bangunan Cagar Budaya di Jalan Brawijaya Kota Kediri itu, saat ini akan digunakan untuk gerai restoran makanan cepat saji. Hal itulah yang membuat massa kecewa, kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri.

Mereka menuntut pencopotan kepala Disbudparpora Kota Kediri, karena dinilai lalai akan aturan dalam undang – undang, tentang penyelamatan cagar budaya. Usai berunjuk rasa di depan bangunan cagar budaya, massa melanjutkan aksinya di depan kantor Disbudparpora Kota Kediri.

Selain menyampaikan tuntutan, mereka juga menggelar pertunjukan kesenian tari barong. Hal itu menunjukkan, bahwa kesenian lokal Kota Kediri masih ada, dan perlu mendapatkan perhatian pemerintah setempat.

Sementara itu, aksi pelaku seni tersebut tidak mendapatkan jawaban dari pihak terkait. Mereka berencana menggelar aksi serupa, dengan massa yang lebih besar.

#kediri #cagarbudaya #sejarah #kesenian #restoran #cepatsaji #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x