Kompas TV regional jawa timur

Petugas Peternakan Periksa Kesehatan dan Kebersihan Hewan Kurban

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 19:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Jelang hari raya idul adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember Jawa Timur memeriksa kesehatan hewan kurban dan kebersihan kandang. Pemeriksaan dilakukan di bursa pedagang hewan kurban musiman. Hasilnya ditemukan hewan kurban dan kandang kotor tidak dijaga kebersihannya.

Pemeriksaan dilakukan di sejumlah tempat pedagang hewan kurban, salah satunya di Jalan Teuku Umar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Pemeriksaan difokuskan pada kebersihan kandang, kesehatan hewan kurban, mulai dari mata, kuku, kulit hingga gigi poel.

Hasil pemeriksaan diketahui banyak pedagang yang masih mengabaikan kebersihan kandang dan hewan kurban, yang dapat memicu munculnya penyakit mulut dan kuku serta virus lumpy skin disease atau penyakit kulit.

Petugas langsung menegur pedagang dan membagikan cairan desinfektan agar dapat digunakan untuk membersihkan kandang. Kegiatan ini untuk memastikan hewan kurban yang dikonsumsi warga sehat.

Baca Juga: Bursa Hewan Kurban Ramai Pembeli, Jenis Limosin Paling Laris

Jelang idul adha, penjualan hewan kurban meningkat. Peningkatan diikuti dengan naiknya harga kambing, antara 2 juta hingga 4,5 juta rupiah per ekor kambing.

 

#kebersihan #hewan #kurban #ternak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x