Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Serunya Bazar dan Kontes Kambing Kurban di Pekalongan

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 20 peternak di Kota Pekalongan berkumpul di Lapangan Mataram guna mengikuti kontes dan bazar kambing kurban. Kambing-kambing unggulan ditempatkan di lapangan agar menarik minat pembeli. 

Kambing-kambing ini harganya mulai dari dua jutaan sampai dengan 100 juta rupiah per ekor. Selain dijual, kambing-kambing ini juga disertakan dalam kontes yang digelar oleh Pemkot Pekalongan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan kambing kurban untuk Idul Adha yang sesuai syariat agama dan kesehatan.

"Dalam rangka menghadapi Idul Adha (Idul kurban) tahun ini, supaya terpenuhi kebutuhan hewan kurban yang sesuai syariat agama maupun kesehatan yang ditentukan oleh peraturan menteri pertanian, termasuk fatwa MUI. Ini juga membantu masyarakat dan peternak," ungkap Muadi, Kadis Peternakan Kota Pekalongan. 

Selain bazar untuk dijual, kambing kurban ini juga dinilai oleh dewan juri. Kriteria penilaian mulai dari kesehatan, bentuk fisik seperti kepala, telinga, bulu hingga keindahan. 

"Konten ini membuat para peternak bersemangat untuk mencetak kambing-kambing yang berkualitas. Selain itu juga kambing- yang mempunyai nilai seni dan genetik yang lebih bagus, " kata Asep, peternak kambing.

Rencananya pemerintah akan menggelar bazar kambing kurban setiap tahun yang sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19. Nantinya bazar dan kontes kambing kurban akan terus dilakukan dengan mengundang peternak dari luar daerah.

#iduladha #kambingkurban #pekalongan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x