Kompas TV regional jawa timur

Kapal Motor LCT Cipta Harapan Terbalik di Karimunjawa, 5 ABK Hilang

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 18:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapal motor LCT cipta harapan IX tenggelam di perairan Karimun Jawa. 5 dari 10 anak buah kapal ditemukan dan dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo Jawa Timur. Sedangkan 5 ABK lainnya masih dalam pencarian.

Dari rekaman video amatir yang diambil kru kapal motor MV Sinar Sejati 2 terlihat kapal motor LCT cipta harapan IX posisinya sudah terbalik.

Terlihat juga 5 orang ABK terombang-ambing di perairan Karimun Jawa Semarang Jawa Tengah, pada Rabu (14/6/2023). Satu persatu 5 ABK dievakuasi ke atas KM MV Sinar Sejati 2, yang kebetulan melintas di kawasan itu. Proses evakuasi berlangsung dramatis karena cuaca laut tengah buruk.

KM LCT Cipta Harapan ditumpangi oleh 11 ABK. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada 9 Juni. Namun saat berlayar di Perairan Karimun Jawa pada 12 Juni, kapal dihantam ombak dan langsung terbalik.

Seluruh ABK langsung meloncat ke laut lepas menggunakan live jaket. 5 ABK yang selamat saling berpegangan dan terombang ambing di laut selama 2 hari, 1 ABK diselamatkan kapal lain dan 5 ABK hilang.

Baca Juga: Kapal Kepulauan Sumenep Nekat Berlayar Saat Cuaca Buruk

5 ABK selamat dibawa ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo dan dijemput pihak otoritas pelabuhan pada 16 Juni. 5 ABK selamat berasal dari Sulawesi Selatan, Tasikmalaya Jawa Barat, Aceh Besar dan Nganjuk Jawa Timur.

Hingga Minggu (18/6/2023), 5 ABK masih mendapatkan perawatan medis di rumah sakit karena kondisinya lemas. Mereka akan dipulangkan jika kondisinya fit.

Hingga saat ini, tim basarnas, pihak otoritas pelabuhan dan TNI AL masih melakukan pencarian terhadap 5 ABK yang hilang di Perairan Karimun Jawa.

 

#kapaltenggelam #anakbuahkapal #probolinggo



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.