Kompas TV regional berita daerah

Memberi Ruang Lebih pada Para Pelaku Seni dalam Kepariwisataan di Festival Sriwijaya 2023

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 17:33 WIB
memberi-ruang-lebih-pada-para-pelaku-seni-dalam-kepariwisataan-di-festival-sriwijaya-2023
Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal (tengah) memberikan keterangan pers terkait Festival Sriwijaya ke 31 2023 yang akan dihelat di Palembang , mulia 22 hingga 26 Juni 2023 (Sumber: Kompas TV Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Festival Sriwijaya ke 31 tahun 2023 akan digelar di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang, mulai 22 sampai 26 Juni 2023, bertajuk Sriwijaya Rethinking Tourism, Maju Budaya dan Pariwisata.

‘’Kita berharap dengan Festival Sriwijaya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan menambah length of stay wisatawan di Sumatera Selatan, melestarikan budaya sekaligus meningkatkan ekonomi rakyat melalui pariwisata,’’ kata Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sumatera Selatan, pada wartawan Senin (19/06).

Festival Sriwijaya 2023 ini, pengunjung akan menyaksikan sekaligus menikmati berbagai suguhan anatara lain pertunjukan Drama Teatrikal berjudul Sriwijaya Tangguh, Mandiri Pangan dan Sejahtera , gelar seni budaya dari Sumatera Selatan, bazaar UMKM dan ekonomi kreatif, lomba poco-poco Sumatera Selatan, lomba mewarnai bagi siswa TK dan Sekolah Dasar, Kemping Sejarah di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya,  Festival Film Pendek Palembang yang didukung oleh iForte.

‘’Satu hal lagi yang menarik dan baru tahun ini kami selenggarakan adalah demo masak kuliner khas Sumatera Selatan dimana pengunjung dapat ikut memasak dan nantinya dapat dinikmati oleh pengunjung secara free,’’ terang Aufa. 

Baca Juga: Sineas Muda Lokal Diajak Ramaikan iForte Festival Film Palembang

Masakan yang akan dipraktekkan antara lain ragit, dodol, wajik, kolak duren dan pempek.

Aufa menambahkan, mereka berharap setelah acara ini akan tercapai target dan tujuan antara lain, melalui Festival Sriwijaya semakin meningkat jumlah pengunjung dari tahun lalu yaitu sebanyak  200.000 orang selama 5 hari   dan secara daring 20.000 viewers.

‘’Selanjutnya semakin banyak melibatkan dan menyerap tenaga kerja yang terlibat yaitu kurang lebih 2000 orang tenaga kerja, memberi kesempatan kepada kurang lebih 50 kelompok umkm dan ekonomi kreatif untuk menjual dan menampilkan produknya, transaksi yang beredar mencapai 500 juta rupiah, melibatkan 2500 orang pelaku seni dan 20 komunitas dan asosiasi,’’ tambahnya.

Pada Festival Sriwijaya ke 31 2023 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel mendapat dukungan antara lain PT. iForte Solusi Infotek Jakarta, PTBA, Bank Sumsel Babel, Jamkrida Sumsel dan Yamaha.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x