Kompas TV regional jabodetabek

Ada Kesengajaan, Pengacara Korban Tabrak Lari di Cakung Minta Polisi Terapkan Pasal Pidana ke Pelaku

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 22:47 WIB
ada-kesengajaan-pengacara-korban-tabrak-lari-di-cakung-minta-polisi-terapkan-pasal-pidana-ke-pelaku
Kuasa hukum Moses Bagus Prakoso korban tabrak lari di Cakung, Rully Simorangkir di program Kompas Petang KOMPAS TV, Jumat (16/6/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum Moses Bagus Prakoso (33) berharap kepolisian bisa memasukkan unsur tindak pidana dalam kasus tabrak lari yang membuat Moses meninggal dunia. 

Kuasa hukum Moses, Rully Simorangkir, menjelaskan kliennya bukan tipe pengendara yang ugal-ugalan, mengingat korban merupakan kepala rumah tangga dengan empat anak yang masih kecil. 

Anak korban paling besar berumur lima tahun, kemudian batita dan anak kembar yang masih berumur enam bulan.

Setiap pulang kantor, sambung Rully, korban selalu melewati jalan yang sama.  

"Korban dikenal baik dan aktif dalam pelayanan di gereja jadi bukan orang yang model ugal-ugalan," ujar Rully di program Kompas Petang KOMPAS TV, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga: Kasus Tabrak Lari Moses Dinilai Bukan Murni Kecelakaan, Psikolog Forensik: Bisa Masuk ke Pembunuhan

Rully menilai sejauh ini kepolisian menerapkan Pasal 310 dan 312 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Padahal kepolisian menyatakan ada perselisihan di jalan dan ada unsur kesengajaan hingga membuat kliennya meninggal dunia.

Menurutnya pelaku bisa dikenakan pidana karena melakukan penganiayaan hingga mengakibatkan korban meninggal dunia dalam KUHP. 

Pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan penyidik Sat Reskrim Polres Jakarta Timur agar kasus tabrak lari yang membuat kliennya meninggal dunia bisa masuk ke ranah pidana. 

"Kalau ada kesengajaan yang diakui ternyata ada perselisihan di jalan jadi bukan sekadar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tapi mungkin sudah bisa di kenakan pasal-pasal di KUHP. Tapi ini pun masih ada keengganan di Polres Jaktim untuk proses lewat KUHP," ujar Rully. 

Baca Juga: Pelaku Tabrak Lari Pemotor di Pintu Tol Cakung Serahkan Diri!

Moses warga perumahan Taman Harapan Indah Bekasi menjadi korban tabrak lari hingga meninggal dunia. 

Insiden kecelakaan terjadi di Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur tepatnya menuju gerbang Tol Cakung-Kelapa Gading, Rabu (14/6/2023).

Video kecelakaan beredar di media sosial dan viral, pelaku OS (26) kini sudah menyerahkan diri kepolisian dan sedang menjalani pemeriksaan. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x