Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Siwer Desa di Grobogan: Ratusan Warga Berebut Uang Koin

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 16:22 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ratusan warga Desa Papanrejo, Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah terlibat saling berebut uang koin yang ditaburkan perangkat desa saat tradisi Siwer Desa dimulai. Uang koin lima ratusan ditaburkan perangkat desa sambil mengitari balai desa setempat itu sebagai tradisi Siwer Desa dalam kegiatan Apitan atau Sedekah Bumi. Tak hanya anak-anak namun orang dewasa pun turut berebut untuk mendapatkan uang koin. Warga mengaku antusias berebut uang koin meski harus berdesakan dengan warga lainnya. Warga meyakini uang koin tersebut sebagai simbol untuk mengundang rejeki agar berlimpah.

 

Tradisi ritual Siwer Desa dalam acara Sedekah Bumi diawali dengan ratusan warga desa mendatangi balai desa setempat dengan membawa nasi sedekahan lengkap dengan lauk pauk, lalu digelar memanjang menjadi satu dengan ratusan warga saling berhadapan. Setelah didoakan, nasi memanjang di atas daun pisang yang disebut Ambengan tersebut lalu dimakan bersama warga desa yang hadir dalam acara Sedekah Bumi.

 

Sementara Kepala Desa sambil membawa cangkul, diiringi para perangkat desa masing-masing membawa kendi berisi air, air dawet, beras kuning, uang koin serta cambuk berjalan mengelilingi balai desa setempat. Sambil mengelilingi balai desa para perangkat desa menaburkan uang koin dan air dawet ke ratusan warga yang datang di lokasi.

 

Tradisi Siwer Desa dilakukan rutin setiap tahun sekali sebagai bentuk menjalin kebersamaan warga dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki dan hasil bumi yang melimpah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x