Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tari dan Makanan Tradisional Semarakkan Gelar Karya Siswa

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 14:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Lincah dan menghibur, puluhan siswa ini membawakan beragam tarian tradisional di kegiatan gelar karya siswa kelas 1 dan 4 Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Kota Semarang. Dalam gelar karya ini, siswa tidak hanya menampilkan kreativitas seni tarian daerah dari Sabang sampai Merauke, namun para siswa juga memamerkan hasil kreativitas dan inovasi mereka.

Tak hanya itu, siswa juga dikenalkan beragam makanan tradisional sebagai salah satu cara melestarikan dan menanamkan jiwa nasionalisme.

Adanya muatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 dalam kurikulum merdeka belajar, siswa SD-MI dirangsang oleh guru agar menghasilkan karya dan kreativitas atas dasar kesukaan, hobi, minat dan bakat untuk terus diasah.

“Harapannya dari kegiatan ini anak-anak menjadikan rasa tumbuh cinta terhadap Indonesia. Jadi mereka bangga terhadap Indonesia, baik itu dari budayanya, tariannya, berbagai rumah adat dan lain sebagainya,” kata Siti Aropah Ra, Kepala MI Taifiqiyah Kota Semarang.

Penampilan istimewa dari siswa kelas 1 dan 4 ini pun berhasil memukau siswa dan orang tua yang hadir. Lewat kegiatan fashion show baju adat, tari-tarian tradisional, pengenalan makanan tradisional serta pameran kreativitas dan inovasi siswa lewat gelar karya, diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga keragaman budaya di Indonesia.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x