Kompas TV regional jawa barat

Antusiasme Warga Saksikan Kirab Budaya HUT Ciamis Ke-381

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 15:56 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIAMIS, KOMPAS.TV - Rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke-381 tahun ini berlangsung meriah. Ragam kesenian dan tarian helaran asli Kabupaten Ciamis yang dikonsep oleh Galuh Ethnic Carnival ditampilkan untuk menghibur warga.

Ada 20 kesenian dengan nilai artistik dan eksotis ini diarak menuju gedung pendopo, seperti kesenian wayang landung panjalu, pontrang cimaragas, mengmleng hingga barongsai Ciamis dan lainnya. Dari ragam kesenian yang ditampilkan, yang menjadi perhatian warga adalah wayang landung. Kesenian kontemporer yang berkembang di wilayah Kecamatan Panjalu ciamis.

Wayang tersebut berukuran besar dengan tinggi lebih dari 2 meter, dan terbuat dari daun pisang yang disatukan. Kemudian panggelaran seni tradisi bebegig Sukamantri. Tradisi ini lahir di perbukitan Tawang Gantungan Kabupaten Ciamis, dan berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Pagelaran HUT ciamis tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena mengundang beberapa kesultanan, di antaranya Keraton Sumedang Larang, Keraton Kasepuhan Cirebon, Kerajaan Banten, Kerajaan Galuh serta ketua umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x