Kompas TV regional berita daerah

Virus LSD Menular Cepat Ke Sapi di 25 Kecamatan Garut

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 15:02 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

GARUT, KOMPAS.TV - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Garut, menemukan penyakit yang menyerang sapi, yang disebabkan oleh virus Lumpy Skin Disease atau LSD yang diketahui telah menjangkit ratusan ekor sapi. 

Sapi yang terjangkit LSD ini berada di dua puluh lima kecamatan di Kabupaten Garut, dan salah satu kecamatan yang paling banyak terjangkit berada di Kecamatan Cilawu. 

Dinas Peternakan dan Perikanan sebelumnya belum pernah menemukan virus menyerang hewan lain, dan baru diketahui menyerang sapi. 

Bahkan petugas pun menemukan akibat virus ini, sapi mengalami benjolan-benjolan hitam semacam bisul yang ada di sekujur tubuh, dan bila benjolan tersebut pecah maka sapi akan alami koreng, yang berdampak pada kulit sapi rusak hingga dagingnya pun alami luka. Untuk itu, sapi yang terjangkit virus dilarang untuk dijual, terlebih untuk kebutuhan Idul Adha. 

Diakui Sofyan, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Garut, virus ini dapat menular karena jika bersentuhan dengan sapi yang lain, maka kemungkinan penularannya cepat. Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui vektor misalnya melalui nyamuk dan lalat kandang.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x