Kompas TV regional jawa timur

Tak Ada Kejelasan, Museum HAM Munir Mangkrak

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Hingga saat ini museum HAM Munir di Kota Batu batu belum juga diresmikan. Kondisi ini membuat museum mangkrak dan digunakan tidak sebagaimana mestinya.

Museum HAM Munir yang berlokasi di Jalan Sutan Hasan Halim hingga saat ini belum ada kejelasan terkait pengembangan dan pengelolaan museum. Akibatnya kondisi bangunan museum kini memprihatinkan dan mangkrak.

Melihat kondisi museum yang hingga kini belum ada kejelasan, Yayasan Museum HAM Omah Munir melayangkan somasi ke Pemkot Batu. Kuasa hukum Yayasan Museum Ham Munir, Daniel Siagian mengatakan bahwa, sejak pembangunan hingga perjanjian kerjasama dan sekarang belum ada pemenuhan dari Pemkot Batu.

Pihak Yayasan Museum HAM Munir juga melihat hal ini sebagai ketidakseriusan Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata tidak serius dalam melaksanakan dan penyelenggaraan kegiatan di Museum HAM Munir.

"Pemkot melalui Dinas Pariwisata seolah tidak serius dalam melaksanakan pembangunan museum pelaksanaan dan penyelenggaraan kegiatan di Museum HAM Munir," Kata Daniel.

Museum HAM Munir sendiri dibangun di atas lahan seluas 2.200 meter persegi milik Pemkot Batu. Peletakan batu pertama dilakukan pada 8 Desember 2019. 

Museum HAM ini rencananya akan diisi dengan pembelajaran tentang Hak Asasi Manusia serta tokoh-tokoh yang terlibat dalam perjuangan hak asasi manusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x