Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Makassar Memamerkan Pembuatan Kapal Phinisi, Pukau Para Delegasi MNEK 2023

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Makassar memamerkan pembuatan Kapal Pinisi kepada Delegasi Negara Multilateral Neval Exercise Komodo 2023 di anjungan pantai losari makassar. Kapal pinisi ini tidak hanya menjadi warisan Indonesia tapi juga merupakan warisan dunia.

Pemerintah Kota Makassar mengundang para Delegasi Negara Multilateral Neval Exercise Komodo atau MNEK  2023  untuk menyaksikan proses pembuatan kapal pinisi sebagai kapal tradisional dari Sulawesi Selatan.

Pembuat Kapal Pinisi  ini didatangkan langsung dari daerah asalnya yaitu desa ara Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang merupakan Daerah Asal Pembuatan Kapal Pinisi.

Pembuatan Kapal Pinisi ini ditargetkan akan rampung pada desember 2023 mendatang, dan akan  berlayar menuju Australia dan Singapura, untuk melakukan misi diplomasi dan kebudayaan. 

Sementara itu, ide untuk memamerkan proses pembuatan kapal ini, bertujuan sebagai wisata baru dan  sarana edukasi bagi masyarakat. Kapal pinisi ini tidak hanya menjadi Warisan Peninggalan Sulawesi Selatan atau Indonesia namun juga telah menjadi warisan dunia.

Tidak hanya sekedar berkunjung  para delegasi yang berasal dari beberapa negara ini, tampak antusias  mendengarkan pemaparan  pemandu wisata sambil mengabadikan momen melalui ponsel mereka.

usai mengunjungi proses pembuatan Kapal Pinisi, para Delegasi Negara MNEK 2023  juga melakukan aksi penanaman pohon  memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada 5 juni lalu.

 

 

#pembuatankapalpinisi
#warisanbudayadunia
#mengundangparadelegasinegara



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x