Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Terima Ganti Rugi Lahan Tak Sampai Rp200 Ribu, Warga Purworejo Ini Ngaku akan Gunakan untuk Jajan

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 05:45 WIB
terima-ganti-rugi-lahan-tak-sampai-rp200-ribu-warga-purworejo-ini-ngaku-akan-gunakan-untuk-jajan
Warga Desa Nglaris, Kecamatan Bener, Purworejo, Jateng bernama Ismail (49) mendapatkan uang ganti rugi (UGR) lahan untuk pembangunan Bendungan Bener tak sampai Rp200 ribu, Senin (5/6/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

PURWOREJO, KOMPAS.TV - Salah satu warga Purworejo, Jawa Tengah bernama Ismail (49) menerima uang ganti rugi (UGR) lahan untuk pembangunan Bendungan Bener tak sampai Rp200 ribu.

Ismail hanya mendapatkan UGR senilai Rp195.930 untuk 2 meter tanahnya yang terdampak pembangunan Proyek Strategis Nasional itu.

Laki-laki yang tinggal di Desa Nglaris, Kecamatan Bener, Purworejo, Jateng itu menerima UGR tersebut di Kantor Cabang BRI Purworejo bersama ratusan warga lainnya.

Meski tak sampai Rp200 ribu, Ismail tetap harus datang ke kantor BRI untuk mengikuti penyerahan UGR secara simbolis.

"Cuma dapat UGR kurang dari Rp200 ribu karena cuma 2 meter yang terdampak," kata Ismail, Senin (5/6/2023) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Ia mengaku pernah meminta uang ganti rugi itu untuk diberikan secara kontan, namun tidak diizinkan, karena sesuai aturan harus melalui Bank BRI setempat.

"Ya pernah mau diminta kontan dulu, tapi enggak boleh. Ya udah datang ke sini (Bank BRI) untuk ambil," ujarnya.

Baca Juga: Soal Wadas dan Pembangunan Bendungan Bener, Ganjar Ingatkan Jangan Ada yang Main-main

Ia bersyukur mendapatkan uang ganti rugi itu dan berharap lahannya dapat digunakan untuk kepentingan umum dan bermanfaat bagi banyak orang.

Ismail mengaku bingung menggunakan UGR yang diterimanya itu dan berkata akan menjajakan uang itu untuk jajan dan biaya transportasi.

"Sebenarnya bingung mau buat apa cuma dapat segitu. Paling buat beli mi ayam, buat jajan, buat ongkos bolak-balik," paparnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Purworejo Andri Kristanto membenarkan bahwa ada warga yang hanya mendapat uang ganti rugi kurang dari Rp200 ribu.

Namun, warga lainnya, kata Andri, ada yang mendapatkan UGR hingga Rp2,4 miliar. 

"Ya benar, Pak Ismail dapat Rp195.930 karena lahannya yang terdampak hanya 2 meter. Sedangkan yang terbanyak tadi Pak Aslam, beliau dapat Rp2,4 miliar," kata Andri. 

Ia menambahkan, dari target total 4.393 bidang terdampak, sebanyak 4.269 atau 97,17 persen sudah mendapatkan ganti rugi.  

"Sampai sekarang jumlah bidang yang sudah menerima UGR sekitar 4.269 bidang atau sudah selesai 97,17 persen," terangnya.

Baca Juga: Warga Wadas Terima Uang Ganti Untung Pembebasan Lahan Kuwari Bendungan Bener, Nominal Capai Rp 3,4 M


 

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x