Kompas TV regional bali nusa tenggara

Ribuan Umat Buddha Ikuti Puji Bakti Trisuci Waisak 2567 BE di Denpasar

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 21:46 WIB
ribuan-umat-buddha-ikuti-puji-bakti-trisuci-waisak-2567-be-di-denpasar
Ribuan umat Buddha mengikuti puja bakti Trisuci Waisak 2567 BE di Vihara Buddha Sakyamuni di Denpasar, Bali, Minggu (4/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)

DENPASAR, KOMPAS.TV - Ribuan umat Buddha mengikuti puja bakti Trisuci Waisak 2567 BE di Vihara Buddha Sakyamuni di Denpasar, Bali, Minggu (4/6/2023).

Ketua Karakasabha Vihara Buddha Sakyamuni, Sanjaya Gunawan menjelaskan, puja bakti Trisuci Waisak ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dimulai dari sebulan yang lalu.

“Persiapan dari ibadah ini, yaitu dirangkai dengan kegiatan Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD), kemudian dilanjutkan dengan pattidana dan pindapatta yang menghadirkan empat biksu yaitu Jayadhamo Thera, Santacitto, Dhammaratano dan Pabbajayo," kata Gunawan, Minggu (4/6) dilansir dari Antara.

Gunawan mengatakan, rangkaian acara puja bhakti diawali dengan meditasi bersama menyambut detik-detik Trisuci Waisak pada Pukul 11.41.19 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan Mahajata (peringatan ulang tahun Vihara Buddha Sakyamuni), pelepasan burung (Abhayadana) dan puja bakti perayaan Trisuci Waisak 2567 BE.

Baca Juga: 1.216 Narapidana Buddha Dapat Remisi Khusus Waisak, Pemerintah Hemat Rp677 Juta Biaya Makan

Perayaan hari Trisuci Waisak ini, kata Gunawan, bukan hanya untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yakni lahirnya Pangeran Siddhartha Gautama, Pangeran Siddhartha Gautama mencapai penerangan sempurna sebagai Buddha, dan Sang Buddha parinibbhana, namun juga momentum untuk selalu ingat dan melaksanakan ajaran Buddha.

Menurut dia, perayaan Tri Suci waisak menjadi momentum bagi umat Buddha untuk senantiasa memperkuat moral, mengekspresikan ajaran Buddha dharma untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta membangun kedamaian antarsesama.

"Dalam perayaan Trisuci Waisak 2023 ini mengangkat tema 'Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa' yang sejalan dengan tatanan nilai dan pedoman hidup," kata Gunawan.

Salah satu umat Buddha, Daiva Gunawan mengatakan, ia sangat bersemangat dan antusias melaksanakan puja Waisak di tahun ini.

Baca Juga: Ada Kirab Hari Waisak 2023, Ini Pengalihan Arus Lalin di Kawasan Candi Borobudur dan Lokasi Parkir

"Untuk kesan sangat senang dikarenakan serangkaian kegiatan Trisuci Waisak dilaksanakan dengan sangat lancar dan melihat antusias umat juga sangat besar, sehingga membuat saya sendiri merasa terkejut melihat antusias umat, untuk harapan kedepannya saya harap tetap menjaga kerukunan antar satu umat Buddha lainnya" ujar Daiva.


 



Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.