Kompas TV nasional peristiwa

Ada Kirab Hari Waisak 2023, Ini Pengalihan Arus Lalin di Kawasan Candi Borobudur dan Lokasi Parkir

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 07:55 WIB
ada-kirab-hari-waisak-2023-ini-pengalihan-arus-lalin-di-kawasan-candi-borobudur-dan-lokasi-parkir
Para biksu yang melakukan perjalanan dari Thailand atau thudong telah tiba di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (1/6/2023) sore. (Sumber: Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting )
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV - Terkait perayaan Hari Waisak 2023 atau 2567 BE, Polresta Magelang menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di kawasan Candi Borobudur hari ini, Minggu (4/6/2023). 

Selain itu, sebanyak 952 personel petugas keamanan gabungan dari unsur TNI, Polri, Pemadam Kebakaran (Damkar) hingga security internal Taman Wisata Candi Borobudur dikeranhkan untuk penjagaan Hari Waisak 2023.

Pengamanan dan rekayasa lalin di sekitar kawasan Candi Borobudur ini diberlakukan demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Buddha yang memperingati Hari Raya Waisak. Demikian juga agar masyarakat umum tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

"Pengalihan arus ini akan kita fokuskan pada hari Minggu pagi saja," kata Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, Sabtu (3/6).

Baca Juga: Kumpulan Twibbon dan Ucapan Hari Raya Waisak 2567 BE dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Pengalihan arus lalu lintas berlaku saat berlangsung prosesi kirab relik Buddha oleh umat Buddha dari Candi Mendut, menuju Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur, mulai pukul 06.30 WIB.

"Prosesi akan menggunakan ruas jalan utama, dan bagi pengguna jalan lainnya akan kita alihkan arus lalu lintasnya untuk sementara waktu sampai rombongan prosesi Waisak selesai tiba di Candi Borobudur," jelas Kombes Ruruh, dikutip dari Kompas.com.


Pengalihan Arus Lalin  

Kasat Lantas Polresta Magelang, Kompol Agus Santoso menyebutkan, penutupan akses kirab dan pengalihan arus lalu lintas berlaku mulai pukul 04.30 WIB - 09.00 WIB.

Adapun pengalihan arus lalu lintas pertama di simpang 3 Srowol dialihkan belok kanan menuju Jalan Magelang - Yogyakarta sampai simpang 3 Pabelan. Kemudian di Simpang 3 Cabean dialihkan belok kanan menuju Jalan Soekarno-Hatta Mungkid sampai Simpang 4 Masjid Kubah Kuning.

"Sehingga untuk warga dan pengguna jalan dari arah Palbapang menuju arah Mendut, arus lalu lintasnya akan dibelokkan ke kanan ke Simpang 3 Cabean melewati Ngrajek, Jetis, dan Simpang Rambeanak," terang Kompol Agus.  

Untuk Simpang 4 Ngaran Bawah, Borobudur, akan dialihkan belok kiri menuju Jalan Soekarno-Hatta Mungkid sampai simpang 3 Masjid An-Nur.

Agus merincikan, dari arah Ngaran dialihkan lewat obyek wisata Swarga Bumi, lalu belok kanan ke simpang 4  Bumisegoro lewat lapangan Kujon, lurus ke Koramil belok kiri ke Jembatan Sigug. Kemudian belok kanan sampai Ngroto, keluar ke arah Masjid An-Nur lalu belok kiri.

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2567 BE/2023, Umat Buddha Memperingati 3 Peristiwa Penting Siddharta Gautama

Lokasi Parkir

Sementara itu, untuk parkir pengunjung Candi Borobudur diimbau untuk parkir kendaraan roda 4 di area parkir Taman Wisata Candi Borobudur lewat pintu 3 (melalui simpang Koramil Borobudur - simpang 4 Pasar Borobudur - simpang 3 Pos Polisi Pariwisata - pintu 3 kompleks Taman Wisata Candi Borobudur).

Warga yang akan menyaksikan prosesi bisa datang ke lokasi menggunakan kendaraan bermotor, dan akan disediakan lahan parkir di sekitar Lapangan drh Soepardi, Sawitan (samping rumah dinas Bupati Magelang).

"Silakan jalan kaki  di sepanjang trotoar wilayah Dusun Karet," imbaunya. 

Selain itu, kantong parkir juga disediakan di sepanjang rute kirab relik Buddha antara lain di seputar Candi Pawon, simpang 3 Toko Rani Jaya Borobudur dan di sekitar rumah-rumah warga.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.