Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul Hari Ini, Jalur Jalan Lintas Selatan Baru yang Tahan Gempa

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 09:36 WIB
jokowi-resmikan-jembatan-kretek-2-bantul-hari-ini-jalur-jalan-lintas-selatan-baru-yang-tahan-gempa
Jembatan Kretek 2 Bantul di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) bakal dibuka sementara selama libur Lebaran. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini dijadwalkan meresmikan Jembatan Kretek II di Kapanewon Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (2/6/2023). Peresmian ini merupakan langkah untuk meningkatkan infrastruktur di wilayah tersebut.

Jembatan Kretek II memiliki panjang sekitar 600 meter. Namun penanganan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencapai 2,6 kilometer.

Proyek ini memakan biaya sebesar Rp 364 Miliar dan telah dibangun sejak tahun 2021.

Baca Juga: Jembatan Cikereteg Bogor-Sukabumi Ditutup Total 4 Hari, Mulai 5 Juni 2023

Jembatan ini merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis dengan Samas. Kretek II juga melewati Sungai Opak, di Kapanewon Kretek, Bantul.

Dilansir dari situs Kementrian PUPR, jembatan ini dirancang mampu menahan gempa, dengan mempertimbangkan bahwa wilayah ini berada pada Sesar Aktif Opak yang memiliki potensi bencana gempa bumi.


 

Sebelumnya diberitakan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan Jembatan Kretek II ini membuka potensi ekonomi dan wisata baru.

Baca Juga: Lancarkan Arus Mudik Lebaran, Jembatan Kretek 2 Bantul Dibuka Sementara

"Jembatan kretek II ini bisa dikatakan sebagai pengukit pertumbuhan kesejahteraan," ungkapnya,  Selasa 31 Januari 2023 silam.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti ini dapat memperkuat perekonomian lokal, mulai dari peningkatan sektor wisata hingga kuliner.

"Belum lagi nanti kalau kelok 18 selesai dibangun, tentu kan dampak ekonominya kepada masyarakat akan sangat luar biasa," kata Halim.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x