Kompas TV regional jabodetabek

Urai Kemacetan Long Weekend, Polres Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah di Lalin Puncak Bogor

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 13:35 WIB
urai-kemacetan-long-weekend-polres-bogor-berlakukan-sistem-satu-arah-di-lalin-puncak-bogor
Kondisi kawasan area puncak Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/4/2023) sore hari. Kepolisian mengatakan terdapat lima titik kemacetan yang terjadi akibat puluhan ribu kendaraan mendatangi kawasan wisata ini. (Sumber: Kompas.com/AFDHALUL IKHSAN)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Warga mulai memanfaatkan periode libur panjang akhir pekan, yang ditandai dengan libur nasional dan cuti bersama dengan mengunjungi kawasan puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2023).

Akibatnya, intensitas lalu lintas meningkat signifikan sepanjang jalur Puncak.

Beberapa ruas jalan menjadi sasaran dominasi kendaraan dengan plat B, yang memicu penumpukan kendaraan yang cukup lama.

Seperti dilaporkan Kompas.com, kendaraan terutama roda empat, banyak yang mengalami kemacetan, meski tidak untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Angkot Terbakar di SPBU, Petugas Berjibaku Memadamkan

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor kemudian menerapkan strategi rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dan sistem satu arah.

Dicky melanjutkan, penerapan sistem satu arah ini ditentukan berdasarkan kondisi situasional. Jika terjadi penumpukan yang signifikan, maka sistem satu arah akan diaktifkan.

"Terpantau dari arah luar kota atau Jakarta menuju ke Puncak terjadi peningkatan dibanding hari-hari biasanya. Oleh karena itu, kita melaksanakan one way arah atas atau ke arah Puncak. Setelah sebelumnya kita melaksanakan ganjil genap," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, Kamis (1/6).

Untuk mengantisipasi kemacetan, timnya akan fokus dalam mengendalikan arus lalu lintas di area wisata Puncak selama lima hari ke depan.

Baca Juga: Ingat! Ada Libur Panjang, Ganjil-Genap Diterapkan di Puncak Bogor Sore Ini

Dicky juga menginformasikan bahwa ratusan personel gabungan telah disiagakan.

"Jadi ada 300-an personel kita siagakan di jalur Puncak sepanjang 22 kilometer ini. Untuk pos pemantau ada empat dari Simpang Gadog, Megamendung, TSI, dan di atas di Riung Gunung," pungkasnya.


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x