Kompas TV regional sumatra

Agincourt Resources Penuhi Standar Baku Mutu untuk Jaga Kondisi Air Sungai Batangtoru

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 10:38 WIB
agincourt-resources-penuhi-standar-baku-mutu-untuk-jaga-kondisi-air-sungai-batangtoru
General Manager Operations PT Agincourt Resources Rahmat Lubis, menyerahkan amplop Hasil Uji Lab Air Sisa Proses PTAR kepada Ketua Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe sekaligus Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu di Sopo Daganak, Tapanuli Selatan, pada Selasa (30/5). (Sumber: PTAR)
Penulis : KompasTV Medan

TAPANULI SELATAN, KOMPAS.TV - PT Agincourt Resources berhasil secara konsisten memenuhi standar baku mutu yang ditetapkan pemerintah. Teranyar, pengujian dilakukan terhadap air sisa proses Tambang Emas Martabe periode triwulan III/2022, triwulan IV/2022, dan triwulan I/2023. Hasil uji lantas dipresentasikan melalui kegiatan Diseminasi dan Pengumuman Hasil Laboratorium Air Sisa Proses PT Agincourt Resources (PTAR) yang digelar di Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan, pada Selasa (30/5).

 

Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe Divisi Evaluasi Marsius Parulian Nainggolan mengatakan, dari seluruh parameter yang diuji, air sisa proses yang mengalir ke Sungai Batangtoru telah memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan. 

 

“Selama tiga triwulan terakhir dan berdasarkan hasil uji laboratorium, air sisa proses Tambang Emas Martabe yang dialirkan ke Sungai Batangtoru dalam kondisi baik serta telah memenuhi baku mutu sesuai dengan peraturan pemerintah,” katanya. 

 

Hasil uji dipresentasikan oleh tim ahli yang terdiri dari Zulkarnain Nasution, Hamdani Harahap, Nursahara Pasaribu, Chairuddin, dan M. Eka Onwardana. Dalam presentasinya, Chairuddin memberikan apresiasi kepada PTAR yang secara konsisten telah mempertahankan taraf mutu air sisa proses. 

 

“Kami mengapresiasi upaya PTAR yang terus mempertahankan kualitas air sisa proses untuk tetap memenuhi baku mutu. Upaya ini dilakukan secara terus-menerus dan sudah berlangsung lama,” katanya. 

 

Pemenuhan kualitas air sisa proses Tambang Emas Martabe sesuai baku mutu berdasarkan pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 202 Tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Bijih Emas dan atau Tembaga, serta Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021, Lampiran VI, Baku Mutu Nasional Kelas II. Dalam hal ini, terdapat 12 parameter yang dianalisis, di antaranya tingkat keasaman air (pH), total suspended solids (TSS), sianida (CN), arsenik (As), kadmium (Cd), kromium (Cr), tembaga (Cu), merkuri (Hg), nikel (Ni), dan seng (Zn). 

 

Pengujian terhadap air sisa proses yang mengalir ke Sungai Batangtoru telah dilakukan PTAR sejak 2012. Selama itu, pemenuhan baku mutu terus dijaga. Salah satunya terlihat dari parameter pH yang sepanjang 2013 berada di kisaran 7,29 - 8,78, sedangkan pada 2022 berada di rentang 7,05 - 7,84. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.