Kompas TV regional jabodetabek

Bukan Warga Depok dan Belum Pernah Terjun ke Politik, Ini Alasan PSI Dukung Kaesang Maju Pilwalkot

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 17:10 WIB
bukan-warga-depok-dan-belum-pernah-terjun-ke-politik-ini-alasan-psi-dukung-kaesang-maju-pilwalkot
Baliho yang dipasang PSI berisi dukungan untuk Kaesang Pangarep maju jadi Wali Kota Depok. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DEPOK, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Icuk Pramana mengakui bahwa pihaknya bersama jaringan relawan mendukung putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi bakal calon Wali Kota Depok. Icuk yakin anak Jokowi itu bisa menang pemilihan wali kota.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa tersebar baliho-baliho besar berlogo PSI yang menyatakan dukungan ke Kaesang di sejumlah titik di Depok. Icuk menyebut baliho-baliho itu sudah terpasang selama kurang lebih dua minggu.

Baca Juga: Kaesang Didukung Jadi Wali Kota Depok, Direktur Puskapol UI: Melanggengkan Praktik Politik Dinasti

Meskipun adik Gibran Rakabuming itu belum pernah terjun ke politik, Icuk yakin Kaesang punya kualitas kepemimpinan. Ia pun menegaskan PSI selalu mendukung anak-anak muda untuk terjun ke politik.

"Rekam jejak beliau dalam melakukan manajemen suatu organisasi bisnis yang dia jalankan, saya pikir beliau kreatif, kritis, berani mengambil keputusan. Saya pikir ini akan sangat cocok kita usung sebagai Wali Kota Depok pada 2024 nanti,” kata Icuk dalam program “Rumah Pemilu” Kompas TV, Rabu (31/5/2023).

Icuk pun mengeklaim bahwa PSI sudah berkali-kali turun ke masyarakat dan menyerap aspirasi dari media sosial soal kepemimpinan Depok. Ia mengeklaim warga sudah jenuh dengan kepemimpinan sekarang yang dikuasai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selama empat periode.

Icuk sendiri mengakui, ada risiko mengusung Kaesang, mengingat anak Jokowi itu belum berpengalaman di politik elektoral dan bukan warga Depok. Namun, ia menegaskan, rekam jejak Kaesang sudah membuktikan kualitasnya.

"Melihat jejak rekam ayahnya, Mas Gibran juga, kayaknya nggak akan terlalu jauh. Dan juga di Depok ini tidak terlalu butuh pemimpin yang seperti apa gitu kan, karena perangkatnya sudah ada, tinggal dijalankan manajer yang benar,” kata Icuk.

Icuk juga menanggapi komentar PKS yang menyoroti bahwa Kaesang bukan warga Depok. Ia menyebut PSI sudah menegaskan dukungan ke Kaesang dan siap menanti pilihan rakyat.

“Sebenarnya ini nanti akan dipilih masyarakat, tentunya kami kembalikan ke masyarakat. Warga Depok yang menentukan. PSI rasa Kaesang cocok menjadi Wali Kota Depok pada 2024 nanti,” katanya.

Baca Juga: PSI Dukung Kaesang Jadi Wali Kota Depok, Pengamat: Testing the Water


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x