Kompas TV regional jabodetabek

Jelang Arak-arakan Timnas Sepak Bola di Jakarta, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 15:29 WIB
jelang-arak-arakan-timnas-sepak-bola-di-jakarta-polisi-siapkan-rekayasa-lalu-lintas
Timnas Sepak Bola Indonesia U22 usai pengalungan medali emas di SEA Games Kamboja, Selasa (16/05/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) terkait arak-arakan tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia besok, Jumat (19/5/2023).

Timnas yang berhasil menjuarai SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola di Kamboja itu akan diarak di beberapa ruas jalan Ibu Kota.

"Tentunya ada rekayasa lalu lintas, khususnya jalur Sudirman-Thamrin. Besok juga jam kerja, tapi ini kan hari kejepit (libur), mudah-mudahan pengguna mobil berkurang, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Kamis (18/5/2023), dilansir dari Antara.

Kombes Latif mengaku masih menunggu informasi rute-rute mana saja yang akan dilalui rombongan Timnas U22 Indonesia. Beberapa lokasi yang disebutkan di antaranya Istana Merdeka dan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Lihat situasi esok, untuk unit pengamanan sedang kita buat, rekayasa lalu lintas kan nanti, ini kan masih menunggu rute yang fix (pasti)," kata Kombes Latif.

"Karena yang pertama dari Istana Merdeka, yang keduanya ada informasi dari GBK, makanya masih kita pastikan," imbuhnya.

Baca Juga: Timnas U22 Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023, Bakal Diarak dari Monas

Ia juga menyebut akan menurunkan sejumlah anggota di titik-titik yang diprediksi akan terjadi kepadatan arus kendaraan.

"Tentunya dari semua titik untuk, kan bukan cuma Sudirman-Thamrin, nanti kita mulai pengaturan mulai dari Kuningan sampai dengan daerah SCBD, setelah itu dari mulai Slipi, Palmerah, dari mulai Fatmawati juga kita atur," jelasnya.

Latif juga mengimbau masyarakat yang besok tidak berkepentingan untuk menghindari jalur Sudirman-Thamrin agar tidak menambah kepadatan arus lalu lintas.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Timnas U22 Indonesia berhasil meraih medali emas pada pertandingan sepak bola setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 pada pertandingan final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam.

Garuda Muda mempersembahkan medali emas yang ditunggu-tunggu kehadirannya selama 32 tahun di Tanah Air.

Secara umum, tim Indonesia berhasil meraih peringkat tiga dengan perolehan medali 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Baca Juga: Usai SEA Games 2023, Zainudin Amali Ingin Timnas U22 Indonesia Tampil di Asian Games


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x