Kompas TV regional sumatra

Menteri PUPR Ditugasi Presiden Jokowi Perbaiki Kandang Ternak di SMK Pertanian Sumatera Utara

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 20:53 WIB
menteri-pupr-ditugasi-presiden-jokowi-perbaiki-kandang-ternak-di-smk-pertanian-sumatera-utara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau kondisi jalan Gunting Saga di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023). (Sumber: Biro Setpres)

LABUHANBATU UTARA, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbaiki kandang ternak di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Tugas tersebut disampaikan Presiden Jokowi ketika meninjau SMK tersebut hari ini, Rabu (17/5/2023).

Di sekolah yang memiliki jurusan pertanian, perkebunan, dan peternakan itu, Jokowi berjanji membantu memperbaiki tempat praktik peternakan, terutama kandang.

Oleh karena itu, Presiden memerintahkan Menteri PUPR Basuki untuk memperbaiki sarana dan prasarana praktikum SMK tersebut, termasuk kandang hewan, pembuatan irigasi, dan pembuatan ruang green house.

"Saya mendapat tugas untuk memperbaiki sarana dan prasarana di SMK, seperti kandang kambing, kandang sapi, irigasi pertanian, dan green house," kata Basuki, Rabu (17/5/2023) dilansir dari Antara.

Baca Juga: Jokowi Segera Perbaiki Jalan Rusak di Sumut, Paling Lambat Juli

Selain memperbaiki tempat praktik peternakan, Jokowi juga berjanji akan mengirimkan sejumlah ternak ke SMK PPN 1 untuk bisa dijadikan sarana pembelajaran.

"Yang peternakan juga kandang. Kandang yang baik seperti apa, yang bersih seperti apa, dan supaya kambingnya gemuk-gemuk seperti apa."

"Ini nanti akan saya kirim kambing, domba, kemudian ayam, bebek, semuanya, biar banyak contoh yang bisa diajarkan oleh bapak dan ibu guru kepada murid-muridnya di sini," kata Presiden Ketujuh Republik Indonesia itu, Rabu (17/5).

Ia menilai, SMK mestinya lebih banyak memberikan pelajaran praktik kepada para siswa. 

"Di SMK mestinya 60-70 persen itu praktik sehingga tempat praktik itu menjadi sangat penting," kata Jokowi.

Baca Juga: Mentri PUPR Ungkap Perbaikan 15 Ruas Jalan Rusak di Lampung akan Dimulai Bulan Juli

Selain peternakan, Jokowi juga melihat pembibitan tanaman, utamanya kelapa sawit.

Presiden menilai bibit sudah cukup baik, tetapi tempat pembibitan memerlukan peningkatan agar para siswa bisa melihat langsung bagaimana proses bertani yang baik.

"Anak-anak ini kan harus ditunjukkan bagaimana bertani yang baik, bagaimana berkebun yang baik sehingga memang ini akan kita bantu untuk memperbaiki," ungkapnya.

Jokowi mengaku bahwa kunjungan ke SMK ini dilakukan secara mendadak karena ingin melihat kegiatan belajar mengajar dan praktik di SMK.

"Semuanya dadakan. Saya ingin melihat apa adanya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain Basuki, beberapa pejabat lain juga turut mendampingi Presiden saat meninjau SMK tersebut, di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, dan Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus.


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x