Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Segera Perbaiki Jalan Rusak di Sumut, Paling Lambat Juli

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 12:41 WIB
jokowi-segera-perbaiki-jalan-rusak-di-sumut-paling-lambat-juli
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan kondisi ruas jalan Gunting Saga di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Rabu (17/5/2023). (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

LABUANBATU, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meninjau kondisi jalan rusak di Kabupaten Labuanbatu Utara, Sumatra Utara, Rabu (17/5/2023) dalam rangka kunjungan kerjanya.

Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan segera melakukan perbaikan pada jalan-jalan rusak di wilayah tersebut.

“Ini yang segera kita (pemerintah) perbaiki, nanti akan dimulai perbaikan di lapangannya paling lambat Juli,” ungkap Jokowi dikutip dari Antara.

Presiden mengungkapkan dirinya menerima laporan 260 kilometer jalan nasional di Sumatera Utara mengalami kerusakan. Padahal total panjang jalan sekitar 2.600 kilometer.

Untuk jalan provinsi, total panjangnya mencapai 3.005 kilometer, dengan 340 kilometer rusak.

Baca Juga: Detik-Detik Presiden Jokowi Susuri Jalan Rusak di Provinsi Jambi, Sebut Akan Buat Perbaikan

Sementara itu, jalan kabupaten sepanjang 33.000 kilometer, sekitar 13.000 kilometer di antaranya rusak, termasuk di Labuanbatu Utara yang ditinjau Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa perbaikan jalan akan dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati untuk jalan kabupaten/kota.

Namun, dalam kondisi tertentu, pemerintah pusat dapat mengambil alih perbaikan jalan provinsi dan kabupaten/kota jika gubernur dan bupati tidak memiliki kemampuan.

Presiden menyadari bahwa perbaikan ini memerlukan waktu karena jumlah jalan rusak di Sumatra Utara cukup banyak.

Baca Juga: Ramai Aduan Jalan Rusak di Akun Medsos Jokowi, Menteri PUPR: Anggaran Rp32,7 T Disiapkan

"Dan tidak hanya di Sumatra Utara. Jangan berpikir hanya di Sumatra Utara, di provinsi yang lain kurang dan lebih mirip-mirip," kata dia.


 

Presiden mendapatkan informasi mengenai jalan-jalan rusak ini dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta laporan dari masyarakat melalui media sosial.

Dalam kunjungan kerjanya, jalan rusak yang ditinjau Jokowi tampak berpasir dengan lubang dan genangan cukup besar di beberapa titik.

Hal itu menyebabkan kendaraan yang ditumpangi Jokowi harus berjalan pelan saat melewati genangan tersebut.

Baca Juga: Cek Jalan Rusak Parah di Jambi, Jokowi: Perbaikan Diambil Alih Pemerintah Pusat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x