Kompas TV regional jawa barat

Tradisi Unik Mapag Sri, Ungkapan Syukur Masyarakat Agraris

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIREBON, KOMPAS.TV - Dengan pakaian adat, sejumlah perangkat Desa Pangkalan memadati ruang utama balai desa minggu siang kemarin. Mereka menggotong satu tandu yang berisi sejumlah padi, hasil panen pertama di tahun ini. Mereka kemudian bergerak menuju tiap batas desa, yakni Desa Bakung Kecamatan Jamblang di sisi barat, dan Desa Buyut Kecamatan Gunung Jati di sisi timur.

Tak hanya padi, warga juga membawa berbagai macam hasil panen palawija dari kebun masing-masing seperti pisang, kelapa, singkong, ubi, tebu, waluh dan berbagai macam lainnya. Tandu ini unik, lantaran membawa sepasang muda mudi yang didandani bak raja dan ratu masa silam, mereka dikalungi uang yang diikatkan dengan tali menyimbolkan kesejahteraan dan kesuburan.

Suasana tampak meriah dengan berbagai macam replika raksasa, yang mengiring rombongan padi dan palawija. Mereka juga terus memainkan musik-musik khas Cirebon sebagai pengiring kebahagiaan. Arak-arakan Mapag Sri merupakan tradisi turun temurun, yang digelar tiap tahun di Desa Pangkalan. Hebatnya acara ini tak hanya milik petani, melainkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Pasalnya warga melibatkan anak-anak mereka untuk berpatisipasi, anak-anak ikut menggotong arak-arakan, hingga memainkan piano atau musik dan lainnya. Kepala Desa Pangkalan Iman menyampaikan, tradisi Mapag Sri merupakan ungkapan syukur masyarakat agraris setempat.

Tradisi yang sudah berlangsung selama puluhan hingga ratusan tahun, diikuti oleh seluruh kalangan warga, menyambut Mapag Sri ini dengan penuh suka cita, lantaran tertahan tiga tahun pandemi covid-19. 

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

kompas, berita kompas, berita kompastv, kompas news, kompastv, kompas tv, kompastv live streaming, kompas tv live streaming, live streaming, indonesia, news, youtube news, berita terbaru hari ini, viral terbaru, breaking news, live news, berita terkini, top news

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x