Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kelurahan Mangunharjo Dicanangkan Jadi Kampung Bahari Nusantara

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 14:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Salah satu kelurahan yang dijadikan sebagai Kampung Bahari Nusantara adalah Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Usai diresmikan secara virtual oleh Wapres Ma'ruf Amin. Sementara Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, yang meresmikan secara simbolis  mengatakan, penetapan Kampung Bahari Nusantara ini sebagai bentuk upaya TNI AL membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan. Selain itu, pembentukan Kampung Bahari Nusantara ini juga sebagai bentuk sinergitas Pemda, masyarakat dan TNI-Polri.

Di Kampung Bahari Nusantara ini dibentuk sejumlah klaster untuk fokus memajukan masyarakat setempat, seperti klaster pendidikan, kesehatan hingga pariwisata. Dia berharap ke depan Kampung Bahari Nusantara bisa menjadi lebih besar dan maju, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

"Tujuan dari Kampung Bahari Nusantara salah satunya adalah membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan. Ini salah satu bukti kita melaksanakan sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat didukung oleh TNI-Polri," kata Kol.Mar. Hariyono Masturi.

Sementara itu, Camat Tugu Pranyoto, mengapresiasi upaya dari TNI AL dengan mendirikan Kampung Bahari Nusantara di Kelurahan Mangunharjo ini. Menurutnya, dengan adanya Kampung Bahari Nusantara ini melecut semangat warga setempat ke depan bisa menjadi salah satu tempat wisata di Kota Semarang.

"Dengan adanya Kampung Bahari Nusantara ini, menjadi salah satu objyek wisata nantinya," ujar Pranyoto, Camat Tugu Semarang.

Seperti diketahui, secara nasional Kampung Bahari Nusantara mencapai 7.500 desa/kelurahan yang tersebar di 514 kabupaten/kota di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, terutama kawasan pesisir.

#kampungbahari #ma'rufamin #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x